Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, April 5, 2016

Cara Perawatan Love Bird Stres Akibat Perjalanan Jauh


Tipsburung.com
- Di tengah maraknya jual beli online, termasduk di dalamnya burung berkicau, membuat transaksi jual beli saat ini semakin mudah. Group-group burung di Facebook menjadi salah satu alternatif yang tidak bisa disangkal keberadaannya sangat ramai sekali, tidak jauh berbeda dengan forum-forum situs jual beli yang telah eksis lebih dahulu.

Di luar semua itu, ada konsekuensi logis yang harus diterima oleh kita semua jika kita melakukan transaksi jual beli burung lewat online. Yang pertama dan paling utama adalah, burung harus dikirim melalui jasa ekspedisi yang membuat burung mengalami berbagai masalah selama dalam perjalanan. Kepanikan dan ketakutan terhadap segala sesuatu dalam perjalanan menjadi alasan kuat burugn mengalami stres.

Love Bird, meskipun jarang mengalami stres, bukan tidak mungkin akan mengalami stres jika perjalanan terlalu jauh atau selama dalam perjalanan mengalami perilaku yang kurang bagus dari pihak ekspedisi. Karenaya, burung mengalami lelah yang sangat sehingga berujung pada kondisi psikologis yang sangat sensitif.

Burung Love Bird yang stres salah satunya ditunjukkan oleh perilaku burung yang tidak mau berbunyi, kecuali hanya angkatan saja. Burung tidak mau ngekek meskipun sebelumnya burung ini sangat rajin dan fighter. Selain itu, Love Bird stres juga akan lebih banyak diam dan tidak mau merespon terhadap apapun. Bahkan lebih ekstremnya lagi, Love Bird ekstrem napsu makannya bisa menurun.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan jika Anda mempunyai Love Bird yang sedang stres akibat perjalanan jauh.

Mandikan dengan rutin
Mandi bagi burung Love Bird adalah sebauah kebutuhan. Selain akan membuat tubuh menjadi lebih nyaman, juga akan memberikan efek relaksasi. Mandi juga mampu menurunkan hormon stres pada Love Bird sehingg lebih cepat sembuh. Adapun waktu mandi yag sangat direkomendasikan ialah pada pagi hari.

Jemur setiap hari
Setelah dimandikan, burung harus segera dijemur. Durasi penjemuran tidak boleh terlalu lama karena kondisi psikologis burung belum stabil. Karenanya, penjemuran boleh dilakukan maksimal ½ jam saja setiap hari.

Kasih pakan milet aja dan bubuhkan sedikit garam
Love Bird adalah burung pemakan biji-bijian. Namun dalam konteks ini, biji-bijian yang direkomendasikan hanyalah milet putih saja. Selain itu, taburkan sedikit garam di atasnya dan aduk hingga rata. Garam di sini biasanya bisa merangsang burung untuk segera berbunyi.

Umbar saja
Umbar di sini bisa diartikan di mana burung tidak dikerodong sama sekali selama seharian. Jika cuaca ekstrem, pengerodongan bisa dilakukan namun hanya dianjurkan pada malam hari.

Berikan jagung atau kakung
Jangung boleh diberikan pada Love Bird namun hanya sedikit. Selain itu, pemberiannya pun disarankan hanya sekli dalam seminggu. Tidak hanya jagung, Anda juga bisa memfariasikan EF ini dengan sayuran berupa kankung.


Cara Perawatan Love Bird Stres Akibat Perjalanan Jauh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment