Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, April 28, 2016

Cara Praktis Merawat Cucak Jenggot Biar Gacor Sepanjang Hari

Tipsburung.com - Cucak Jenggot (Grey-cheeked Bulbul (Alophoixus bres) adalah burung yang lebih banyak dijadikan burung master daripada burung lomba sebab kelas Cucak Jenggot ini hanya ada di even-even besar burung berkicau. Selain itu, burung ini pun kerap kali dijadikan burung klangenan, sebagai penghibur dan pelepas lelah bagi sang empunya.

Namun begitu, Cucak Jenggot adalah burung yang mempunyai suara khas yang sangat bagus dan kasar sehingga sangat indah kedengarannya di telinga. Perpaduan antara mbeset yang panjang dan ngepik yang tidak kalah panjang, membuat burung ini sangat dicintai. Bahkan karena populasinya yang dari tahun ke tahun semakin menurun, Cucak Jenggot saat ini sudah banyak yang ditangkarkan.

Harga anakan Cucak Jenggot pun sangat fantastis, jauh melebihi Cucak Jenggot tangkapan hutan. Hal ini disebabkan karena Cucak Jenggot anakan ini masih bisa diseting dengan sangat baik sesuai dengan keinginan sang empunya, termasuk yang sangat penting adalah bisa dimaster. Ini tentu akan membuat Cucak Jenggot ini akan semakin mahal di kemdian hari, setelah dewasa.

Kadang kala, untuk membuat burung Cucak Jenggot ini menjadi gacor gampang-gampang susah. Namun begitu, tentu perawatannya tidak sesulit burung-burung lainnya karena Cucak Jenggot termasuk ke dalam salah satu burung yang dalam perawatannya sangat mudah. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa cara yang sangat praktis dalam membuat Cucak Jenggot Anda bisa gacor sepanjang hari.

  • Pagi sekitar jam 04:30-05:00 burung dikeluarkan untuk diembunkan. Pengembunan bisa dilakukan setiap hari selama cuaca tidak dalam kondisi buruk. Pengembunan ini bisa dilakukan hingga matahari terbit.
  • Sekita jam 07:00 burung dimandikan. Jika bisa, mandikan Cucak Jenggot dengan memakai keramba sebab ada beberapa Cucak Jenggot yang jika dimandikan dengan cara disemprot merasa kurang nyaman sehingga kegacorannya menjadi berkurang.
  • Setelah mandi sampai puas, Cucak Jenggot dimasukkan kembali ke dalam sangkar harian untuk dijemur. Saat itu, berikan jangkrik sesuai dengan setelan yang sudah Anda terapkan, bisa 3-5 ekor. Sebelum dimasukkan, sebaiknya bersihkan sangkar dan aksesoris lainnya seperti cepuk dan lain sebagainya.
  • Jemur Cucak Jenggot sampai jam 10:00 lalu angkat dan angin-anginkan. Selanjutnya berikan pisang kapok dan masukkan air dan vor. Namun beberapa orang yang kadang tidak memberikan voer pada burung berjenggot ini.
  • Jika Cucak Jenggot Anda adalah burung kontes, sebaiknya burung dikerodong dan diistirahatkan di dalam rumah. Namun jika Cucak Jenggot Anda adalah burung master atau klangenan, sebaiknya burung ditaruh di teras atau tempat yang tidak terlalu jauh dengan burung yang akan dimaster. Biarkan burung Cucak Jenggot Anda berbunyi sepanjang hari.
  • Sekita jam 04:00 sore, keluarkan burung Cucak Jenggot untuk dicek pakan dan minumnya. Kalau perlu ganti air minumnya sebab dikhawatirkan terkontaminasi oleh sisa-sisa pisang.
  • Berikan jangkrik sesuai stelan harian, lalu kerodong dan masukkan burung untuk istirahat malam.
  • Kroto sebaiknya diberikan setiap dua kali dalam seminggu. Hal ini bertujuan supaya burung Cucak Jenggot mempunyai birahi yang cukup biar selalu gacor setiap hari.

Cara Praktis Merawat Cucak Jenggot Biar Gacor Sepanjang Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment