Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, April 21, 2016

Cendet Dada Putih dan Dada Cokelat, Manakah yang Lebih Bagus?

Tipsburung.com - Sudah barang tentu bahwa burung Cendet dada putih hanya identik dengan Cendet Madura. Meskipun beberapa wilayah di Jawa Tengah (seperti Juwana Pati) dan kawasan Gunung Bromo Jawa Timur juga menghasilkan Cendet dada putih, namun pupulasinya masih lebih banyak di Madura. Namun untuk Cendet dada cokelat, akan lebih banyak ditemui.

Banyak orang yang mencari Cendet dada putih karena diyakini banyak mempunyai kelebihan bahkan karena selalu identik dengan Cendet Madura. Karenanya, Cendet dengan warna dada seperti ini sangat laris di pasaran (khususnya Jawa, namun tidak untuk daerah Madura). Mengapa bisa begitu? Jawabannya akan diuraikan dalam penjelasan berikut.

Cendet dada putih
Cendet dengan dada yang sangat putih sehingga warna cokelat di kedua belahan dadanya nyaris tidak ada karena dari saking samarnya. Akibatnya, jika dilihat sepintas, Cendet ini akan dominan warna putih. Alagi jika dilihat dari jarak jauh, yang terlihat hanya warna putih yang seperti menyala.

Cendet dada putih seperti ini biasanya identik dengan Cendet blangkon, atau bahkan gondrong di mana warna hitam kepala sampai pada pundak. Ini tentu saja memberikan kesan yang sangat sangar bagi siapapun yang melihatnya.

Untuk sebagai burung warna, Cendet ini memang sangat indah, apalagi berasal dari Madura, atau paling tidak Jawa Timur. Namun sebagai burung kontes, Cendet dengan warna dada putih yang sangat menyolok seperti ini tidak terlalu bagus. Pasalnya, selain karena kadang kurang begitu cerdas, Cendet dada putih secara mental juga kurang bagus. Saat burung lain seusinya sudah mengeluarkan fighternya atau berani bertarung, Cendet dada putih belum bisa menunjukkan semua ini dengan maksimal.

Burung ini juga kerap kali rewel di gantangan dan bahkan jika pun bisa tampil bagus namun kerap kali jika harus turun dalam beberapa sesi, Cendet dada putih kerap kali tidak kuat. Burung bisa tidak bekerja sama sekali atau malah munting dan bertingkah tidak menentu.

Cendet dada cokelat
Adapun Cendet dengan dada cokelat biasanya secara mental sangat bagus. Bahkan jika ukuran burung ini kecil, Cendet dada cokelat ini sangat pandai dalam menirukan suara burung master. Bahkan secara lagu, burung ini bisa membawakan lagu dengan tembakan yang panjang-panjang.

Untuk mental, Cendet dada cokelat tidak usah dipertanyakan lagi. Sepanjang mendapatkan perawatan yang bagus, Cendet dada cokelat sangat bagus dan fighter sekali. Bahkan Cendet dengan warna dada seperti ini biasanya akan lebih kuat meskipun harus turun beberapa sesi dalam satu even lomba.

Cendet dada cokelat bukan hanya Cendet Jawa namun di Madura juga banyak. Cendet-Cendet dengan warna dada cokelat ini menjadi buruan di pulau garam tersebut. Sedangkan Cendet dada putih, nyaris tidak dilirik sama sekali karena kualitasnya yang kurang bagus. Namun banyak para bakul online yang menjadikan hal ini sebagai kesempatan untuk dijual secara online ke luar Madura dengan harga yang sangat fantastis. Sebab Cendet dada putih seperti ini sangat laris dan diklaim sebagai Cendet Madura tulen oleh mereka.

Dari itu dapat ditegaskan bahwa Cendet dada putih hanya bisa menunjukkan muka yang seram dan bulu yang indah namun secara mental mayoritas masih kalah dengan Cendet dada cokelat. Sedangkan Cendet dada cokelat secara warna dan tampilan memang kurang begitu sedap namun mempunyai kualitas yang bagus. Namun untuk Cendet dada cokelat yang berasal dari Madura, tampilannya tetap menawan sebab wannanya (cokelat dan putih) sangat kontras, tidak semu sebagaimana Cendet Jawa.

Demikian deskripsi mengenai kekurangan dan kelebihan Cendet dada putih dan Cendet dada cokelat yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat….




Cendet Dada Putih dan Dada Cokelat, Manakah yang Lebih Bagus? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment