Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, April 27, 2016

Cendet Trotol Diberikan Full EF, Amankah?

Tipsburung.com - Seperti sebuah keharusan jika seorang penghoby memelihara Cendet trotol diberikan setelan EF harian dengan sangat kencang. Hal ini disebabkan karena mereka mempunyai asumsi bahwa mereka ingin memberikan asupan nutrisi yang cukup dan memperlakukan burung ini seperti di habitatnya. Untuk itulah, selain memberikan jangkrik yang banyak, mereka juga memvariasikannya dengan ulat supaya asupan nutrisi burung trotol semakin lengkap.

Pakem perawatan seperti ini tentu saja tidak dilakukan oleh semua penghoby. Bahkan sebagian mereka malah memberikan jumlah jangkrik yang sangat minim. Akibatnya, burung Cendet trotol miyik terus namun begitu Cendet trotol tetap sehat. Asumsi mereka biasanya adalah Cendet yang dipelihara manusia harus berbeda dengan kehidupan di habitatnya. Dan karena sudah makan voer, secara otomatis pemberian EF tentu saja harus dibatasi.

Kedua cara di atas tentu mempunyai dampak yang berbeda-beda. Untuk Cendet trotol yang diberikan EF dalam jumlah banyak biasanya mempunyai dampak negatif dan negatif sebagaimana berikut.

Dampak negatif
Adapun dampak negatif pemberian EF yang terlalu banyak pada trotol cencet ialah sebagai berikut.

- Burung menjadi gemuk
Dampak negatif yang biasanya sering terjadi ialah di mana burung menjadi sangat gemuk. Hal ini disebabkan karena EF baik yang berupa jangkrik maupun ulat mengandung banyak lemak yang bisa membuat burung menjadi sangat gemuk.


- Ciak ekor
Burung yang diberikan EF tinggi kerap kali mengalami ciak ekor akibat birahi yang terlalu tinggi. Namun sepanjang Anda mengimbanginya dengan mandi, sangat mungkin ini tidak terjadi. Tetapi jika  ciak ekor ini terjadi pada burung muda masih terhitung wajar karena  ciak ekor pada Cendet memang sangat identik dengan Cendet muda.

Dampak positif
Adapun dampak positif untuk Cendet trotol yang diberikan terlalu nbanyak EF ialah sebagai berikut.


- Pertumbuhan optimal
Untuk menjadi burung yang bagus di kemudian hari, burung Cendet trotol memang diusahakan mengalami pertumbuhan yang sangat baik. Dan pertumbuhan ini sangat ditentukan oleh kualitas pakan dan asupan jangkrik dan jenis EF lainnya. Karenanya, jika Cendet trotol mendapatkan  asupan nutrisi yang cukup, maka Cendet akan mengalami perkembangan fisik dan IQ yang sangat bagus.


- Lebih cepat rontok bulu
Cendet yang diberikan EF banyak biasanya akan mengalami proses nyalin bulu dewasa lebih cepat. Hal ini disebabkan karena nutrisi burung selalu tercukupi sehingga burung mengalami pertumbuhan yang sangat bagus. Salah satunya ditunjukkan dengan jatuhnya bulu piyik lebih awal daripada biasanya.

Sebagimana diketahui, Cendet nyalin bulu dewasa berumur antara 4-6 bulan. Namun jika kebutuhan nutrisi burung ini terpenuhi, masa ganti burung anakan akan jauh lebih awal.


- Suara cepat mecah
Cendet trotol yang diberikan EF yang banyak biasanya suaranya akan lebih cepat mecah. Hal ini pun sebagai dampak positif dari efek nutrisi burung yang selalu tercukupi. Bahkan ini juga termasuk ke dalam salah satu tanda perkembangan Cendet yang optimal.


- Power lebih tembus
Sudah bukan rahasia lagi bahwa EF, utamanya jangkrik, memberikan dampak yang sangat baik untuk kualitas power Cendet. Karenanya, asupan jangkrik di sini menjadi penentu yang sangat penting terhadap kualitas power Cendet trotolan di kemudian hari. Cendet yang mendapatkan asupan jangkrik yang cukup sejak kecil, biasanya powernya akan tembus, ngristal, dan kering. Namun semua ini tetap ditentukan oleh faktor genetik burung.

Demikian efek pemberian yang banyak pada trotol Cendet yang harus Anda pahami. Semoga bermanfaat….

Cendet Trotol Diberikan Full EF, Amankah? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment