Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, April 6, 2016

Ciri-Ciri Cendet Jawa Timur yang Harus Anda Ketahui


Tipsburung.com - Sejauh ini, cendet Jawa Timur (Jatim) mempunyai gaung yang cukup ditakuti di kalangan cendet mania sebab sangat terkenal dengan cedet-cendetnya yang berkualitas. Jatim menjadi gudang cendet prospek sangat yang selama ini telah dibuktikan di kancah nasional. Karenanya, tidaklah mengherankan jika cendetmania kemudian berbondong-bondong hunting cendet Jatim.

Meski secara pamor masih kalah dengan Madura, cendet Jatim tetap mempunyai penikmat tersendiri. Sebab, mereka yang sudah bosan dengan materi updet yang sangat identik dengan cendet Madura, mau tidak mau tetap menjatuhkan pilihan pada cendet Jatim yang memang terkenal dengan materi-materi lawasannya.

Lalu seperti apa ciri cendet Jatim? Sebenarnya sagat sulit untuk membedakan jenis Cendet berdasarkan asalnya (KTP) sebab pada ahkikatnya tidak ada ciri khas yang mendasar sehingga akan susah untuk dirumuskan. Jika pun bisa dirumuskan, paling hanya bahasan secara garis besar saja. Untuk itu, berikut ini adalah gambaran umum seperti apa cendet Jatim tersebut.

Warna dada dan sayap dominan merah/cokelat
Jika Anda perhatikan dengan saksama, warna bulu cendet Jatim tidak terlalu kontras. Warna dada lebih dominan merah/cokelat yang dimulai dari bawah sayap depan hingga daerah perut. Karenanya, dada cendet Jatim ini akan semu coklat dan tidak bersih. Warna punggung juga lebih banyak cokelat daripada abu-abu sebagaimana cendet Madura. Begitu pula dengan sayapnya, semu cokelat dan tidak bersih.

Body besar dan pendek
Bila dibandingkan dengan cendet Madura, cendet Jatim mempunyai ukuran body yang lebih besar namun umumnya tidak panjang. Karenanya, jika dilhat sepintas, cendet Jatim ini akan tampak bulat namun tetap terlihat sangar.

Kepala hitam separuh
Cendet Jatim adalah cendet yang sejauh ini diketahui lebih dominan kepala separuh atau sembur. Namun begitu, di beberapa wilayah seperti kawasan Gunung Bromo dan beberapa daerah lain seperti Tuban, Lamongan, dan daerah-daerah lain, banyak juga dijumpai cendet blangkon. Namun begitu, persetaseya tentu saja sangat sedikit.

Power kristal
Suara cendet Jatim biasanya kristal sehingga sangat bagus jika dikonteskan karena bisa mencuri perhatian juri. Namun begitu, jika dibandingkan dengan cendet Madura, suara kristal cendet Jatim masih kalah. Tetapi kelebihannya, powernya bisa lebih merdu daripada cendet Madura, apalagi jika sama-sama tembus, kualitas Cendet Jatim tidak akan kalah.

Lebih banyak ekor tempel
Ekor tempel adalah sebutan untuk cendet yang ketika berbunyi sambil menempelkan ekornya ke pangkringan. Tipe gaya tarung seperti ini banyak diminati oleh cendet mania karena umumnya mempunyai gaya tarung yang anteng atau nagen sehingga lebih mudah untuk setingan lapangan. Selain itu, cendet ekor tempel ini juga akan mampu menunjukkan gaya tarung yang memukau karena biasanya berdiri tegak dengan gaya satu titik.



Ciri-Ciri Cendet Jawa Timur yang Harus Anda Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment