Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, April 14, 2016

Cirri-ciri Kroto Basi dan Segar


Tipsburung.com - Kroto adalah menu terenak bagi seekor burung karenanya jenis EF ini sangat dicari. Harganya pun jauh di atas jenis EF lainnya karena EF ini memang spesail, mempunyai banyak kelebihan daripada EF lain. Namun begitu, kadang kala banyak bakul yang menjual kroto ini dalam kondisi yang sudah tidak layak konsumsi. Demi meraup keuntungan yang besar, kroto-kroto basi biasanya tetap akan dijual.

Kroto basi adalah menu burung yang sudah tidak layak konsumsi karena biasanya akan memberikan dampak buruk pada burung. Untuk burung Murai Batu dan Kacer yang mempunyai tingkat sensitivitas tinggi, pemberian kroto tidak segar atau pun basi bias membuat burung ini bisa mencret dan bahkan kadang kala suara menjadi serak.

Kedua kondisi ini merupakan dampak kecil dari pemberian kroto basi. Dalam beberapa kasus, kroto basi bisa menyebabkan burung kehilangan nyawanya. Karenanya, kroto basi ini sangat tidak dianjurkan untuk diberikan pada burung dengan alas an apapun.

Lalu seperti apa tekstur kroto yang sudah basi? Jika Anda membeli kroto di pasar burung atau kios, sebaiknya lihat terlebih dahulu kondisi krotonya. Masih segarkah atau tidak? Kroto yang segar biasanya ditandai oleh beberapa ciri sebagai berikut.

•    Kroto tampak bersih dan bening
•    Tidak lengket sehingga jika ditaruh dalam wadah akan tampak seperti beras
•    Banyak semut rangrang yang masih hidup dan ganas
•    Banyak daun-daun segar atau ranting sisa-sisa tempat sarang semut

Sedangkan kroto yang sudah basi, mempunyai tekstur yang berbeda dengan kroto di atas. Kroto basi tersebut setidaknya tampak sebagai berikut.

•    Kroto berubah warna kekuningan dan tidak cerah
•    Teksturnya kendor dan keriput
•    Menempel satu sama lain, bahkan dengan daun ataupun ranting
•    Banyak semut rangrang yang sudah mati
•    Jika dicium tampak aroma yang kurang sedap.

Untuk kroto yang diberikan pengawet, biasanya juga akan tampak berbeda. Meskipun tetap berwarba cerah, bersih, bahkan tidak ada kotoran sedikitpun. Namun begitu, biasanya kroto hasil pengawet seperti ini tidak ada semut rangrang yang hidup. Jika Anda menemukan kroto dengan tipe seperti ini di pasaran, Anda perlu mewaspadainya.

Cirri-ciri Kroto Basi dan Segar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

1 komentar:

kicau senja said...

Alternatif pengganti kroto untuk burung berkicau. Praktis, higienis dan mudah dicerna.

Klik link dibawah ini untuk detailnya
Alternatif pengganti kroto untuk burung berkicau

Post a Comment