Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, April 17, 2016

Cucak Ijo Nyulam Ikut Lomba, Bolehkah?

Tipsburung.com - Cucak Ijo atau Cucak Hijau adalah burung semi fighter yang selalu ramai di kelasnya. Burung ini mempunyai keunikan gaya tarung tersendiri sehingga selalau ramai peminatnya. Namun begitu, ada banyak kalangan yang mengatakan bahwa perawatan burung ini sangat sulit sehingga kerap kali susah untuk bisa tampil di lapangan.

Memang, perawatan setiap burung berbeda-beda sebab selain beda spesies juga berbeda dalam hal karakter. Hal inilah yang memungkinkan banyak orang kesulitan dalam memelihara burung jenis lain. Dan untuk Cucak Ijo atau Cucak Hijau sendiri, perawatannya memang tergolong sangat berbeda dengan burung lain.

Ada banyak orang yang bertanya, apakah boleh melombakan Cucak Ijo yang sedang nyulam padahal baru saja habis mabung? Jawabannya sangat boleh sekali. Sebab, Cucak Ijo ini berebda dengan burung lainnya. Bagi burung lain, nyulam adalah sebuah pertanda bahwa burung sedang mengalami trobel baik dalam hal mabung maupun karena perawatan yang salah. Atau bahkan nyulam ini bisa mengindikasikan adanya gangguan psikologis pada seekor burung.

Lalu bagaimaan dengan Cucak Ijo? Cucak Ijo yang nyulam tidak mengindikasikan adanya kejadian negatif seperti di atas. Nyulam pada Cucak Ijo malah memberikan sinyal bahwa Cucak Ijo Anda ini telah benar-benar siap untuk bertarung dan turun ke arena lomba. Sebab ini menandakan bahwa Cucak Ijo Anda sedang dalam kondisi puncak (top performance).

Tetapi ada hal yang perlu Anda perhartikan, pastikan ketika Cucak Ijo Anda mengalami nyulam kondisi bulu tidak dalam kondisi tua, apalagi nyerit. Selain itu, bulu yang jatuh tidak banyakk namun hanya satu dua helai saja dan kondisi psikologis burung juga tidak sedang ada gangguan. Bahkan yang paling penting, Anda sudah benar-benar melihat burung Anda sedang gacor dan sesekali njambul dan ngentrok.

Itulah intinya, Cucak Ijo yang jatuh bulu sebenarnya bukan nyulam karena ini kadang kala mengindikasikan performa burung yang sudah siap tempur. Karenanya, pahami kondisi dan kemauan burung Anda, niscaya Cucak Ijo Anda akan mudah diseting dan lebih cepat koncer di lapangan.

Cucak Ijo Nyulam Ikut Lomba, Bolehkah? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment