Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, April 12, 2016

Empat Jenis Ekstra Foding Penurun Birahi

Tipsburung.com - Burung bias mengalami lonjakan birahi kapan saja. Tidak hanya ketika cuaca ektrem, suasana normal pun dengan perawatan yang kurang bagus dapat menyebabkan burung mengalami over birahi. Tanpa disadari, burung tiba-tiba mengejar atau mematuk tangan atau bahkan mungkin ngejar-ngejar musuh ktika dtrtek. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan sebab burung tidak akan bisa stabil dalam meraup poin di gantangan.

Kadangkala saat burung mengalami over biahi tidak cukup dengan hanya memberikan terapi mandi malam dan mengurangi EF. Ada kalanya hal ini perlu mendapatkan tambahan EF lain yang sebenarnya malah berfungsi menurunkan kondisi birahi burung. Hal ini mungkin disebabkan karena EF ini rendah protein dan mempunyai efek dingin pada burung.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa jenis EF yang justru dapat menurunkan birahi burung dimaksud.

Cilung
Cilung adalah ulat yang lebih popular dengan sebutan ulat bamboo atau bumbung. Ulat in mempunyai ukuran besar berwarna putih dengan tekstur tubuh empuk. Biasanya, EF ini dijual di kios-kios burung dengan wadah bambu. Nah, ketika burung Anda mengalami over birahi, berikan ulat bambu ini paling tidak dua kali sehari sebanyak satu ekor saja. Jangan terlalu banyak, apalagi diberikan setiap hari, sebab ulat ini dapat menyebabkan sembelit. Dan beberapa burung yang cocok diberikan ulat ini ialah semua burung pemakan serangga. Beberapa di antaranya seprti cendet, Murai batu, Kacer, Cucak Ijo, Anis Merah, Gelatik, dan lain sebagainya.

Untuk burung-burung kecil, pemberian ulat ini bias dilakukan dengan cara dipotong-potong terlebih dahulu supaya burung lebih mudah memakannya. Sedangkan untuk burung besar, ulat bisa diberikan secara langsung.

Cacing tanah
Cacing tidak hanya bisa dibuat untuk memancing namun juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan birahi burung. Sebagaimana ulat bambu di atas, cacing tanah juga mempunyai efek dingin pada burung. Karenanya, kacer embagong kerap kali diberikan EF ini. Beberapa burung yang cocok untuk diberikan EF ini ialah seperti Anis Merah, Murai batu, dan Kacer.

Mentimun
Mentimun adalah buah yang biasanya diberikan untuk burung pemakan biji-bijian seperti Kenari dan Love Bird. Jenis EF ini juga mempunyai efek dingin pada burung tersebut sehingga sangat cocok diberikan pada burung tersebut jika mengalami over birahi.

Kayu falet
Pemberian kayu ini bagi sebagian pecinta LB mungkin masih terdengar aneh. Namun begitu, kayu ini sangat ampuh dalam menurunkan birahi LB. Adapun cara pemberiannya, Anda bisa menaruh potongan kayu berukuran sedang dalam sangkar dan biarkan sampai dimakan oleh LB.

Empat Jenis Ekstra Foding Penurun Birahi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment