Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, April 3, 2016

Ini Manfaat Daun Pepaya untuk Burung Tetelo

daun pepaya

Tipsburung.com - Daun pepaya adalah daun yang sejauh ini biasa dibuat sayuran. Meski rasanya sangat pahit, namun jika diolah dengan teknik yang baik, rasanya berubah sangat enak. Sayuran ini penting dikonsumsi oleh manusia karena banyak mengandung nutrisi penting yang santgat dibutuhkan oleh manusia.

Dalam Wikipedia dijelaskan bahwa daun pepaya ini mengandung gizi yang sangat banyak. Beberapa di antaranya ialah vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, dan air. Daun ini juga mengandung carposide (obat cacing), zat appain (sehingga rasanya sangat pahit dan meningkatkan nafsu makan).

Untuk itu, daun pepaya adalah daun yang sangat kaya akan nutrisi sehingga sangat baik untuk kesehatan manusia. Tidak hanya itu, daun ini juga bias menjadi obat untuk burung-burung yang sakit, utaanya sakit ayan atau tetelo.

Sebagaimana Anda ketahui bahwa penyakit tetelo ini sangat umum terjadi pada burung peliharaan. Jika tidak bisa diatasi dengan baik, penyakit ini bisa mengakibatkan kematian pada burung. Bahkan jikapun sembuh, kondiisinya kerap kali tidak bisa kembali pada keadaan semula.

Karenanya, burung yang terserang tetelo yang biasanya ditandai dengan kondisi kaki yang tidak bisa berfungsi dengan baik dan kepala muter-muter, harus diatasi dengan baik. Pertama-tama, tempatkan burung di ruangan terbuka dengan ventilasi udara yang bagus. Selain itu, cabut vor lalu ganti dengan kroto. Pastikan pula burung tidak dikerodong sepanjang belum sembuh total.

ampas dan air hasil perasan daun pepaya siap diberikan pada burung tetelo

Selanjutnya, berikan air perasan daun pepaya yang telah disaring. Pemberian bisa dilakukan tiga kali sehari, pagi, siang, dan malam. Paling baik, air ini diberikan setelah burung dijemur. Setelah burung minum beberapa teguk, air daun papaya ini boleh diangkat dan diganti dengan air putih.

Adapun cara membuat ramuan ini ialah ambil beberapa helai daun pepaya lalu cuci sampai bersih. Kepal daun tersebut dalam genggaman lalu parut hingga agak halus. Selanjutnya, tuangkan sedikit air lalu remah dan saring. Pindahkan dalam gelas, tuangkan sedkit ke dalam cepuk dan siap untuk diberikan pada burung. Sisa air ini bisa disimpan untuk diberikan nanti dan esok harinya.
Supaya air tidak basi, Anda bisa menyimpannya ke dalam lemari es. Tapi ingat, jangan berikan air perasan daun pepaya ini dalam kondisi dingin. Karenanya, setelah dikeluarkan dari dalam kulkas, diamkan terlebih dahulu selama beberapa menit. Setlah suhu air normal, air bisa diberikan kepada burung yang terkena tetelo.

Selamat mencoba!!!

Ini Manfaat Daun Pepaya untuk Burung Tetelo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment