Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, April 24, 2016

Inilah Alasannya Mengapa Banyak Orang Memandikan Cendet di Malam Hari

Tipsburung.com - Memandikan burung idealnya pada siang hari karena saat siang udara panas dan juga sangat baik untuk menjemur burung selesai dimandikan agar tidak merasa kedinginan. Selain itu, burung yang mandi dan terkena sinar matahari, akan membuat burung menjadi lebih sehat karena mendapatkan kehangatan dan sinar matahari yang dibutuhkan oleh tubuh burung.

Namun di sisi paling tersembunyi, ada banyak penghoby dan pemain yang diam-diam justru memandikan cendetnya di malam hari. Padahal saat malam, tidak ada penghangat sama sekali untuk burung sehingga bisa dipastikan burung akan merasa kedinginan. Dan jika ini merujuk pada pendapat di atas, ini tentu saja sangat salah karena menyalahi kodrat burung.

Ternyata dalam melakukan mandi malam untuk cendet-cendenya mempunyai alas an yang juga sangat kuat. Meskipun tidak ada mataahri dan cendet cenderung merasa kedinginan ketika dimandikan pada malam hari, namun ini mempunyai efek sampig yang sangat luar biasa pada burung. Adapun efek dan sekaligus yang menjadi alasan mereka ialah sebagai berikut.

Birahi lebih stabil
Mandi malam akan membuat burung cendet yang mempunyai lonjakan birahi akan lebih stail. Hal ini tidak semata-mata karena mandi malamnya namun nuansa di malam hari yang sejuk dan alami membuat burung serasa berada di habitatnya sehingga merasa lebih nyaman. Akibatnya, hal ini bisa menurunkan level birahi burung cendet.

Lebih rajin berbunyi
Mandi malam untuk cendet mempunyai efek yang membuat burung menjadi sangat fresh. Karenanya, cendet akan semakin rajin berbunyi setiap hari. Bahkan sekalipun dikerodong, cendet tetap akan rajin teberbunyi.

Lebih cepat kondisi
Ada banyak alasan mengapa cendet susah kondisi atau siap untuk turun ke lapangan. Selain karena faktor psikologis, cendet tidak kunjung kondisi juga dipengaruhi oleh faktor mandi yang kurang nyaman. Ini menunjukkan bahwa selain asupan, mandi menjadi kunci penting membuat cendet cepat mempeng atau gacor dor. Hal ini disebabkan karena mandi malam akan memacu burung untuk lebih cepat fit. Karena, mandi malam tidak haanya akan membuat burung merasa lebih segar sehingga baik untuk psikologis maupun fisik burung, namun burung juga menjadi lebih sehat sehingga cepat kondisi.

Lebih stabil di lapangan
Burung Cendet yang selalu polah dan munting-munting tidak karuan sehingga susah untuk tampil biasanya bisa diatasi dengan rutin mandi malam. Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak pemain dan karenanya mereka banyak memilih memandikan cendetnya pada malam hari.

Demikian empat alasan mengapa para penghoby maupun para pemain biasanya memandikan burungnya di malam hari. Namun begitu, cendet yang dimandikan malam adalah cendet yang sehat. Dan mandi malam pun hanya ditujukan pada cendet-cendet yang sudah dewasa dan bukan trotol apalagi piyikan.








Inilah Alasannya Mengapa Banyak Orang Memandikan Cendet di Malam Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment