Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, April 5, 2016

Kacer Anda Tidak Bisa Buka Ekor? Cobalah dengan Dua Macam Terapi Ini


Tipsburung.com- Kacer adalah burung yang mempunyai gaya buka ekor ketika bertarung. Namun begitu, tidak semua burung Kacer bisa buka ekor, entah karena memang tidak bisa atau karena faktor lainnya.

Kacer yang tidak bisa buka ekor tentu saja sangat menjengkelklan sebab biasanya akan mengurangi penilaian di arena lomba. Sekalipun mempunyai materi, irama, dan volume yang dahsyat, namun jika kacer tidak bisa buka ekor dalam kontes, tentu hasilnya akan nihil. Burung tersebut akan segera dicoret dari daftar nominasi sehingga tidak bisa bersaing dengan Kacer lainnya.

Kadang kala beragam cara sudah dilakukan namun kadang kala tidak membuahkan hasil. Karenanya, di bawah ini akan dijelaskan dua metode terapi yang mungkin dapat Anda lakukan supaya kacer Anda segera buka ekor.

Rutin mandi malam
Mandi malam sangat bermanfaat tidak hanya menurunkan birahi namun juga untuk menyetabilkan birahi. Itulah alasannya mengapa burung yang biasa mandi malam akan lebih bagus dari segi kicaunya. Dalam konteks ini, mandi malam juga mampu merangsang Kacer untuk segera buka ekor.

Waktu mandi malam yang sangat direkomendasikan ialah mulai habis mangrib hingga menjelang tengah malam. Namun yang paling disarankan adalah waktu habis isyak. Hal ini didasarkan atas sebuah asumsi di mana setelah burung mandi, burung bisa diangin-anginkan sambil diembunkan hingga menjelang malam. Metode ini sangat penting dilakukan untuk memberikan rangsangan lebih pada Kacer supaya lebih cepat buka ekor.

Memandikan kacer yang paling bagus adalah dengan menggunakan keramba. Sebab dengan keramba, mandi burung menjadi lebih puas karena ia akan mandi sesuai dengan kebutuhannya hingga merasa puyas. Hal ini berbeda dengan mandi semprot yang Anda lakukan, di mana burung sering kali tidak merasa puas sehingga burung tidak mendapatkan manfaat yang seebnarnya dari mandi yang Anda berikan.

Sesekali cas dengan Kacer betina
Mempertemukan Kacer jantan dengan betina juga perlu Anda coba karena ini dapat memberikan rangsangan pada Kacer jantan untuk segera buka ekor. Karenanya, sewaktu-waktu Anda perlu menggandeng Kacer gacoan Anda dengan kacer betina.

Selain intensitasnya yang jarang, waktunya juga jangan terlalu lama. Cukup 15 menit, kedua Kacer yang berbeda jenis kelamin ini sudah harus dipisah. Namun pastikan setelah itu kedua kacer saling sahut-sahutan sehingga Kacer jantan semakin terangsang birahinya sehingga buka ekor. Kondisi ini (baca: buka ekor) lama-kelamaan akan menjadi kebiasaanya sehingga jika bertarung di gantangan akan langsung ngobra dan buka ekor.


Kacer Anda Tidak Bisa Buka Ekor? Cobalah dengan Dua Macam Terapi Ini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment