Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, April 19, 2016

Love Bird Muda Sudah Berprestasi, Setelah Dewasa Gembos, Ada Apa?

Tipsburung.com - Bukan sebuah kebetulan jika seekor Love Bird yang masih umur belia, katakanlah umur 5 bulan, sudah bisa berprestasi, mulai kelas latber, Latpres, atau bahkan hingga event regional. Hal ini disebabkan karena Love Bird tersebut memang sangat bagus, baik dari segi kerajinan, fighter, hingga durasi ngekeknya.

Banyak hal yang memengaruhi kerja Love Bird seperti itu. Selain faktor genetis, perawatan yang baik dan konsisten tentu menjadi kunci utama keberhasilan tersebut. Berbagai event dijuarainya membuat sang empunya merasa sangat puas hingga sangat enggan melepasnya.

Lalu setelah dewasa, burung Love Bird ini kadang kala malah menjadi sangat berbeda. Love Bird yang biasanya fighter dan durasi panjang, tiba-tiba menjadi kurang greget saat digantang. Alhasil, burung jarang mendapatkan bendera koncer, bahkan bisa jadi tidak mendapatkan sama sekali. Hal ini tentu saja akan membuat sang empunya menjadi galau bukan kepalang, berbagai cara dilakukan untuk menyeting Love Birdnya supaya kembali lagi seperti semula.

Untuk membuat Love Bird kembali ke performa waktu masih muda, tentu saja dibutuhkan waktu yang tidak sebentar karena akan sangat sulit. Bahkan dalam beberapa kasus, usaha apapun yang dilakukan namun tetap berujung pada kegagalan.

Lalu apa penyebab burung Love Bird bisa kendor dan rusak seperti itu? Setidaknya, performa Love Bird menurun saat dewasa disebabkan karena beberapa hal sebagai berikut.

Terlalu diforsir saat muda
Karena prestasi dan performa burung Love Birdnya yang terus menanjak hari demi hari, kadang bisa membuat Anda sebagai sang empunya mejadi gelap mata. Karenanya, burung akan lebih sering diturunkan di berbagai latberan dan latpres. Bahkan ada beberapa di antara Anda yang langsung menurunkannya hampir setiap hari, padahal Love Bird masih sangat muda.

Sebagaimana diketahui, Love Bird muda adalah masa di mana burung masih rentan dari berbagai kemungkinan terburuk. Selain karena secara fisik masih belum matang, mental burung juga belum stabil dan teruji. Bahkan jika hal ini sampai diforsir, bukan tidak mungkin sekalipun burung dewasa akan mengalami drop yang sangat hebat, apalagi ini Love Bird muda.

Secara fisik, Love Bird muda belum siap untuk mengikuti lomba dengan frekuensi yang sangat tinggi sekalipun ia mampu menunjukkan performa yang bagus. Hal ini disebabkan karena burung muda masih belum mempunyai kemampuan lebih dari itu semua karena keterbatasan usia. Jika burung menunjukkan penampilan yang jauh di atas rata-rata, itu hanya sebagai bonus bagi Anda yang harus dijaga dengan baik. Jika tidak, bakatnya akan mati sehingga burung bisa rusak dan tidak bisa menunjukkan kelebihannya tersebut selamanya pada Anda.

Untuk itu, agar burung Love Bird muda Anda bisa tetap mempuyai performa yang bagus di kemudian hari, Anda tidak perlu melombakannya terlalu sering. Turunkan Love Bird hanya sesekali saja dalam sebulan, bahkan kalau perlu berikan batasan hanya dua kali dalam sebulan. Jika sudah dewasa, tambahkan jam terbang sedikit demi sedikit untuk menjaga performanya agar tetap stabil.

Pola perawatan yang salah
Kemungkinan ini lebih kecil terjadi. Namun bagaimana pun, pola perawatan saat masih muda, sangat menentukan performa burung Love Bird saat dewasa nanti. Karenanya, berikan perawatan yang bagus dan baik. Jangan berikan perawatan yang aneh-aneh, apalagi ikut-ikutan perawatan orang lain yang belum tntu cocok untuk burung Anda. Hal ini disebabkan karena setiap burung mempunyai karakter yang berbeda satu sama lain.


Love Bird Muda Sudah Berprestasi, Setelah Dewasa Gembos, Ada Apa? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment