Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, April 3, 2016

Mandi Sauna, Cara Ektrem Mengatasi Burung Macet Mabung


Banyak cara yang bisa dilakukan jika burung Anda mengalami gagal mabung. Salah satu yang paling ekstrem adalah mandi sauna.

Sebagaimana diketahui bahwa mandi sauna pada burung adalah kondisi burung yang dijemur dalam kertodong. Dalam kondisi ini, burung akan mengalami panas yang berlebih sebab suhu dalam sangkar juga meningkat yang disertai dengan tingkat kelembaban yang ekstrem.

Mandi sauna ini bisa dilakukan selama beberapa jam dan harus dilakukan ketika matahari (benar-benar) berada di atas kepala. Hal ini bertujuan supaya penjemuran yang dilakuklan bisa maksimal karena paparan sinar matahari sangat dibutuhkan untuk memanaskan kerodong dan sangkar.

Kondisi ini membuat sangkar dan isinya seperti benar-benar dalam kondisi terbakar. Karenanya, hal ini sangat berbahaya bagi burung-burung yang tidak biasa dengan model penjemuran seperti ini. Untuk itu, penjemuran model seperti ini harus dipantau untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
Lalu bagaimana penjemuran model seperti ini bisa membantu merontokkan bulu burung yang gagal mabung? Kelembaban dalam sangkar selama penjemuran dan kondisi setelahnya akan membuat pori-pori kulit burung menajdi melar sehingga lebih terbuka. Akibatnya, bulu burung mau tidak mau akan rontok juga dengan sendirinya.

Penjemuran model mandi sauna seperti ini juga akan membuat bulu burung menjadi lebih cepat klusam dan tua sehingga akan lebih cepat rontok. Namun begitu, hasil yang diharapkan ini tentu saja tidak bisa terjadi dalam waktu singkan, melainkan memerlukan waktu.

Pastikan sebelum Anda melakukan mandi sauna pada burung, kondisi burung Anda benar-ebnar dalam kondisi fit. Hal ini bertujuan untuk menghindari kondisi lebih yang buruk lagi. Cek kotoran burung apakah fasesnya padat atau tidak. Jika burung kurang sehat, Anda sangat tidak disarankan melakukan mandi sauna ini.

Mengapa begitu? Seperti telah dijelaskan di atas bahwa mandi sauna ini adalah cara atau metode jemur yang sangat ekstrem. Karenanya, jika burung dalam kondisi kurang  fit dikhawatirkan setelah amndi sauna kondisi burung malah menjadi lebih buruk.

Demikian cara mandi sauna untuk burung yang gagal mabung. Semoga bermanfaat.

Mandi Sauna, Cara Ektrem Mengatasi Burung Macet Mabung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment