Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, April 12, 2016

Manfaat Embun Malam pada Kacer

Tipsburung.com - Pengembunan pada burung berkicau sejatinya tidak hanya dilakukan pada pagi hari sebagaimana banyak dipahami. Pengembunan juga bisa dilakukan pada malam hari dengan tujuan-tujuan tertentu karena mempunyai beragam manfaat. Sebagaimana pengembunan pagi, pengembunan malam juga sangat efektif dalam membuat Kacer semakin gacor.

Idealnya, pengembunan malam dilakukan setelah burung mandi malam. Biasanya mandi malam dilakukan setelah waktu isyak sampai menjelang malam, sekitar jam 12 malam. Selama pengembunan, Kacer bisa diberikan makan berupa vor dan minum. Dan yang pasti, pengembunan harus dilakukan di tempat terbuka.

Lalu apa saja manfaat dari Kacer yang diembun malam? Sebenarnya manfaatnya tidak jauh berbeda dengan pengembunan pagi. Dan untuk mengetahui beberapa manfaat tersebut, dapat Anda lihat dalam uraian berikut.

Menurunkan dan menyetabilkan birahi
Pengembunan malam sangat dianjurkan untuk burunng-burung yang mengalami over birahi. Cuaca luar yang dingin dan alami, dapat menekan birahi yang terlalu tinggi. Tidak hanya itu, pengembunan malam juga akan membuat level birahi berada pada posisi paling stabil. Karenanya, pengembunan malam ini sangat cocok dilakukan untuk Kacer Anda yang mengalami birahi berlebih.

Itulah alasannya mengapa banyak kicaumania di samping mengembunkan burungnya di pagi hari, juga mengembunkannya di malam hari sehabis mandi malam. Sebab pada hakikatnya, mandi malam yang mempunyai peran penting dalam menyetabilkan birahi, dengan pengembunan malam, tentu saja birahi burung akan lebih cepat stabil. Hal ini disebabkan karena kedua-duanya mempunyai manfaat yang sama.

Mengurangi mbagong
Mandi malam juga sangat penting dilakukan untuk burung Kacer yang sering embagong, utamanya ketika di arena lomba. Hal ini merupakan efek penting dari kondisi birahi Kacer yang sudah mulai stabil, sebab sebagaiman diketahui, mbagong salah satunya disebabkan karena kondisi birahi yang kurang stabil.

Selain itu, berkurangnya mbagong pada Kacer yang dilakukan embun malam juga karena burung mejadi lebih fresh dan sehat. Kondisi fisik yang kurang fit sementara Kacer dipaksa untuk bertarung melawan musuh-musuhnya, membuat Kacer tidak ada pilihan lain untuk meresponnya dengan fighternya. Namun karena kondisinya tidak fit, sikap yang ditujukkan malah berupa mbagong. Kedua hal ini memang menjadi salah satu alasan yang sangat kuat mengapa Kacer jadi mbagong.

Emosi Kacer lebih stabil
Hal ini berkaitan erat dengan kinerja burung di lapangan. Burung yang mempunyai emosi tidak stabil, bisa membuat burung menjadi kurang bisa menunjukkan shownya dengan baik sehingga cenderung pecicilan. Untuk itu, pengembunan sangat penting diberikan untuk Kacer-Kacer yang mempunyai emosi kurang stabil di lapanga.

Durasi lebih maksimal
Karena mempunyai tingkat emosi yang stabil, secara otomatis durasi kerja Kacer akan lebih maksimal. Karenanya, Kacer yang dilakukan embun malam bisa tampil full durasi dari awal penilaian sampai akhir. Hal ini memungkinkan burung untuk mendapatkan bendera tertinggi dalam even kontes burung berkicau.

Bongkar materi lebih maksimal
Dan yang tidak kalah pentingnya lagi, karena berbagai kondisi ini, Kacer juga akan lebih maksimal dalam memuntahkan seluruh materinya. Hal ini tentu saja akan memberikan poin plus yang akan membuat Kacer tersebut mendapatkan nilai paling maksimal dalam penjurian .

Manfaat Embun Malam pada Kacer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment