Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, April 14, 2016

Manfaat Sarang Walet untuk Burung Berkicau yang Belum Banyak Diketahui Kicaumania

Tipsburung.com - Burung walet bukan sembarang sarang. Ia adalah sarang burung yang mempunyai nilai sangat fantastis. Hal ini disebabkan karena sarang burung yang satu ini mempunyai khasiat yang sangat luar biasa terhadap kesehatan manusia. Selain bisa dijadikan menu makanan, sarang walet ini juga dapat dijadikan obat untuk berbagai penyakit, mulai penyakit harian hingga berat. Beberapa di antaranya ialah seperti mengobati batuk kering, ganggtuan paru-paru, dan kerusakan pembuluh darah.

Diketahui bahwa dalam setiap 100 gram sarang melet mengandung 49.9 gram protein, 30.6 gram karbohidrat, 4.9 gram besi, 2.5 gr garam anorganik, dan 1.4 gr serat. Dari kandungan ini, tidaklah berlebihan jika sarang yang terbuat dari liur walet ini dikenal sebagai obat tradisional yang sangat ampuh dalam mengobati berbagai keluahn kesehatan manusia.

Lalu bagaimana jika diberikan pada burung berkicau? Tingginya kadar protein dalam sarang ini, bisa dijadikan senjata untuk meningkatkan kinerja burung di lapangan. Sebab protein yang tinggi ini dapat mendongkrak birahi burung hingga berada pada titik paling estrem sehingga sangat cocok untuk burung-burung yang kurang greget tampil di lapangan. Karenanya, untuk burung-burung yang kurang ngotot dan loyo atau bahkan kurang fighter, sangat disarankan untuk mencoba diberikan sarang walet ini.

Adapun cara pemberian sarang walet pada burung berkicau ini cukup mudah. Ambil sedikit sarang walet lalu masukkan ke dalam air yang sudah mendidih di atas tungku. Selanjutnya, diamkan beberapa menit sampai air dingin untuk selanjutnya diberikan pada burung.

Air rebusan sarang walet ini dapat dijadikan ganti air minum burung. Adapun waktunya bisa dilakukan 3 atau 2 hari sebelum lomba. Dengan cara ini, memungkinkan semua gizi dari air sarang walet ini dicerna dan diserap oleh tubuh untuk kemudian disalurkan ke seluruh jaringan tubuh burung sehingga burung menjadi lebih ngotot.

Lebih amannya, sisa air rebusan tadi sebaiknya ditaruh ke dalam botol atau gelas untuk disimpan ke dalam lemari es. Sebab air tersebut masih bisa digunakan sepanjang belum basi. Bahkan sarang walet yang belum cair masih bisa direbus kembali jika di kemudian hari masih diperlukan.



Manfaat Sarang Walet untuk Burung Berkicau yang Belum Banyak Diketahui Kicaumania Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

1 komentar:

gans 696 said...

makasih infonya gan sangat bermanfaat download suara walet

Post a Comment