Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, April 7, 2016

Pelet Lele Membuat Cendet Kerja Ngedur di Lapangan


Tipsburung.com - Cendet adalah burung yang makanan utamanya di habitatnya adalah serangga. Namun ketika dipelihara manusia, burung predator ini diberikan voer sebagai makanan utamanya. Sementara serangga yang berupa jangkrik dan jenis EF lainnya diberikan sebagai makanan tambahan.

Voer ini diracik dari bahan-bahan pilihan dan disesuaikan dengan kebutuhan semua jenis burung pemakan serangga, termasuk di dalamnya burung Cendet. Dan yang paling utama dalam menentukan pilihan mana voer terbaik, sebenarnya tidak ada patokan pasti. Yang jelas, pemberian voer pada Cendet harus disesuaikan dengan kondisi dan kemauan Cendet Anda.

Lalu bagaimana dengan pelet Lele? Pelet Lele adalah makanan yang memang diracik yang dikhususkan untuk Lele. Bahan-bahannya pun lebih banyak dari bahan makhluk hidup, yang dalam hal ini ikan. Karenanya, pelet Lele ini adalah pakan yang memang dengan sengaja diracik khusus Lele dengan kadar protein sangat tinggi.

Lalu cocokkah pelet Lele jika diberikan pada Cendet? Tentu saja jika Anda melihat pada tujuan proses dibuatnya pelet Lele ini sebagaimana dijelaskan di atas, sama sekali tidak cocok. Sebab, protein pelet Lele terlalu tinggi. Untuk pelet yang dikhususkan untuk pertumbuhan Lele yang umumnya berukuran kecil, kadar proteinnya 23%. Ukuran ini tentu saja kelewat tinggi jika diberikan pada cendet, sebab umumnya protein voer burung dibuat hanya berkisar antara 14-18% dengan tujuan supaya burung tidak mudah OB (over birahi).

Namun tahukah Anda, ternyata pelet Lele ini juga sangat baik diberikan pada cendet. Sepanjang Anda mampu mengombinasikan takaran asupan EF dengan pemberian pelet Lele ini, aman-aman saja. Bahkan untuk burung yang kurang ngotot, pelet Lele sangat dianjurkan. Pasalnya, protein yang terkandung dalam pelet Lele ini mampu mempu membuat cendet kerja ngedur di lapangan. Hal ini disebabkan karfena cendet bisa kerja lebih ngotot di lapangan karena kombinasi EF dan pelet Lele sangat pas.

Selain itu, Anda juga akan menghemat EF hingga 50%. Sebab dengan pelet Lele, kebutuhan protein burung cendet sudah terpenuhi, sehingga jika Anda memberikan EF lebih rendah daripada biasanya, tidak akan menjadi masalah.

Untuk itu, untuk burung cendet yang kurang ngotot dan ngedur, perlu mencoba mengganti voer dengan pelet Lele. Dan pemakaian pelet Lele ini sudah lama dilakukan oleh cendet mania Madura. Bahkan cendet-cendet jawara di sana umumnya hanya diberikan pakan Lele ini. Mereka tidak ngengsi memberikan pakan murah ini sebab khasiatnya memang sangat luar biasa terhadap penampilan burung cendet di lapangan.

Pelet Lele Membuat Cendet Kerja Ngedur di Lapangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment