Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, April 10, 2016

Penyebab dan Cara Mengatasi Love Bird yang Cuma Ngetik Saja



Tipsburung.com - Pernahkan Anda mempunyai Love Bird yang tidak mau ngekek? Hal ini sering kali dialami oleh Anda padahal sejatinya semua Love Bird pasti ngekek. Namun ada kalanya, Love Bird hanya ngetik saja di rumah dan sama sekali tidak mau ngekek sekali pun pendek.

Love Bird yang cuma ngetik saja seperti ini biasanya disebabkan karena beberapa hal seperti kegemukan, kekencangan (terlalu birahi), terlalu rendah (kurang birahi), kurang fighter, Stres, dan siap tempur. Dan untuk mengetahui penyabab mana yang dialami oleh Love Bird Anda, Anda harus bisa mencermati dan atau melakukan beberapa percobaan untuk memastikannya.

Kegemukan
Love Bird yang kegemukan kerap kali membuat Love Bird tidak mau berbunyi. Bahkan jika pun berbunyi, Love Bird biasanya hanya ngetik saja. Kegemukan ini bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah karena faktor kurang gerak dan terlalu banyak memakan biji-bijian.

Adapun cara mengatasi masalah ini, Anda perlu membatasi pemberian biji-bijian. Bahka jika perlu berikan hanya satu jenis biji-bijian saja. Anda bisa melakukan pengumbaran untuk membakar lemak sehingga Love Bird lebih cepat singset. Selanjutnya, Anda bisa melakukan penjemuran dengan durasi lebih lama sebab penjemuran ini juga bisa mengurangi lemak dalam tubuh Love Bird dengan sangat efektif.

Kekencangan
Kencang di sini berarti burung Love Bird mempunyai tingkat birahi yang terlalu ekstrem sehingga bukan hanya bisa membuatnya tidak berbunyi namun juga berpotensi mencabut bulu. Jika ini sampai terjadi, biasanya untuk menurunkan birahi Love Bird akan sangat sulit, apalagi jika sampai kanibal. Untuk itu, Anda perlu membatasi pemberin ekstra foding berupa kangkung, jagung, dan jenis EF lainnya.

Hal yang sangat direkomendasikan untuk mengatasi masalah ini ialah mandikan burung lebih sering daripada biasanya. Mandi di sini bisa meredam dan mengurangi level birahi sehingga akan lebih stabil. Namun jika dalam beberapa minggu usaha ini tidak membuahkan hasil, ada baiknya Anda perlu mengasingkan atau menjauhkan burung ini dari burung lain, apalagi burung sejenis.

Kurang kencang
Kurang birahi juga bisa membuat Love Bird hanya ngetik-ngetik saja di rumah. Karenanya, memberikan stelan yang pas sangat penting bagi Love Bird. Karenanya, atur mandi dan pemberian ekstra foding untuk mendapatkan level birahi yang maksimal. Ekstra foding ini dapat Anda berikan setiap hari dengan cara diselang seling antara kangkung dan jagung.

Selain itu, jemur burung secara rutin di bawah terik sinar matahari supaya level birahi Love Bird bisa naik ke level yang lebih tinggi. Bahkan jika perlu penjemuran di pagi hari bisa dilanjutkan pada jam 2-3 sore. Sebab pada jam tersebut sinar matahari lebih terik yang memungkinkan buurng lebih cepat birahi.

Kurang fighter
Burung kurang fighter juga bisa tidak ngekek. Bahkan Love Bird ini tidak bisa merespon kehadiran Love Bird lain yang ada di sekitarnya. Dan cara mengatasi Love Bird yang seperti ini ialah dengan cara diasingkan terlebih dahulu selama seminggu. Selanjutnya, burung bisa dicampur kembali dan diadu.

Ketika diadu, Love Bird yang masih bagus biasanya akan langsung memberikan respon yang baik. Namun jika tidak, tampaknya Love Bird Anda hanya sebagai burung rumahan yang sama sekali tidak fighter.

Stres
Kondisi stres juga bisa membuat burung Love Bird malas berbunyi. Ia hanya ngetik-ngetik saja dan tidak mau panjang. Cara mengatasiny adalah mandikan burung dengan rutin, jangan dikerodong pada siang hari, berikan EF dua kali seminggu, dan putarkan suara gemerecik air.

Tanda siap tempur
Namun ada kalanya, Love Bird ngetik di rumah bukan pertanda negatif. Dalam beberapa kasus, Love Bird  ngetik di rumah sebagai pertanda bahwa burung tersebut sudah siap turun lapangan. Dan untuk emmatikan hal ini, Anda bisa mencoba mempertemukan atau menggandengnya dengan Love Bird lain. Jika ternyata Love Bird Anda malah menjadi sangat gacor dan ngekek panjang, sudah barang tentu Love Bird Anda mempunyai karakter demikian. Namun sebaliknya, jika Love Bird Anda tetap diam dan tidak mau ngekek, ada kemungkinan beberapa kondisi di atas sebagai penyebabnya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Love Bird yang Cuma Ngetik Saja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

1 komentar:

hendra irawansetyo said...

mantab infonya bos, http://www.dutalovebird.tk/2016/07/menyetel-lovebird-yang-tidak-ngotot.html

Post a Comment