Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, April 25, 2016

Perawatan Burung Sirtu Agar Gacor Sepanjang Hari


Tipsburung.com - Sebagaimana diketahui bahwa pada hakikatnya sirtu adalah burung yang susah untuk bisa gacor. Apalagi jika sirtu tersebut hasil dari tangkapan hutan, tentu harus ekstra sabar dan dibutuhkan sedikit tips supaya bisa lebih cepat gacor. Baca kembali Tips Perawatan Sirtu Muda Hutan Agar Lebih Cepat Berbunyi

Untuk membuat Sirtu menjadi gacor sepanjang hari, tentu dibutuhkan tips khusus supaya bisa tetap stabil. Sebab, Sirtu mempunyai karakter yang unik dan sangat mirip dengan Cucak Ijo. Sama seperti Cucak Ijo, Sirtu adalah burung yang mudah kaget dan ini bisa membuatnya enggan berbunyi dalam jangka waktu lama. Bahkan burung ini juga mempunyai cara tidur yang berbeda dengan burung lainnya.

Untuk itu, berikut ini adalah cara paling baik untuk burung Sirtu supaya tetap gacor sepanjang hari.

Pengembunan
Jika Anda mempunyai waktu dan bangun di pagi buta, sebaiknya Sirtu diembunkan setiap hari. Hal ini akan memberikan rangsangan pada burung Sirtu untuk bisa berkicau dengan baik karena ini akan membuat Sirtu seperti berada di habitatnya. Selain itu, pengembunan juga akan membuat Sirtu lebih sehat dan selalu segar karena menghirup udara yang sangat bersih setiap pagi.

Waktu pengembunan ini bisa dilkakukan pada jam 5 pagi. Namun begitu, pastikan saat Anda hendak mengambil Sirtu tidak sampai kaget karena pada saat itu, Sirtu  biasanya masih dalam kondisi tidur. Jika sampai kaget, ini bisa berakibat fatal. Karenanya, usahakan sebelum Anda memegang kurungan atau sangkar, sebaiknya bangunkan Sirtu terlebih dahulu. Caranya, ketok sangkar beberapa kali dari ketukan pelan hingga agak keras.

Mandikan
Setelah matahari terbit, Sirtu bisa didiamkan sejenak dan tunggu sampai jam 7. Dalam cuaca normal, sebaiknya Sirtu dimandikan dengan disemprot. Atur supaya air tidak terlalu besar dan bahkan jika perlu atur sekecil mungkin (baca: embun). Jika Sirtu Anda mempunyai kebiasaan mandi dalam cepuk, sebaiknya sediakan cepuk berukuran besar dan biarkan sirtu mandi sendiri.

Berikan EF
Pemberian EF ini bisa dilakukan setelah burung selesasi mandi. Adapun EF yang dapat Anda berikan ialah seperti jangkrik, Ulat Kandang, Ulat Hongkong. Masing-masing diberikan sesuai dengan kemauan dan kebiasaan.

Penjemuran
Penjemuran bisa dilakukan setelah burung selesai mandi. Adapun durasinya bisa disesuaikan dengan karakter setiap masing-masing Sirtu. Namun yang jelas, penjemuran tidak boleh sampai di atas jam 11 karena cahaya matahari sudah tidak sehat. Karenanya, sebaiknya waktu penjemuran dimaksimalkan sampai jam 11 saja.

Setelah diangkat dari jemuran, Sirtu angin-anginkan terlebih dahulu. Tunggu seperempat jam atau setengah jam, burung sebaiknya langsung dikerodong atau mungkin dimasukkan ke dalam rumah untuk didengarkan bunyinya.

Penjemuran bisa kembali dilanjutkan pada jam 4 sore hari namun hanya disarankan sebentar saja. Selanjutnya, burung diberikan EF kembali seperti pada pagi hari.

Kroto
Kroto adalah pakan yang harus diberikan pada Sirtu karena pakan ini bisa membuat Sirtu berkicau lebih rajin. Karenanya, berikan Sirtu setidaknya dua kali dalam seminggu.

Pengerodongan lebih siang
Pada jam 4, sebaiknya burung Sirtu  sudah diberikan makan sore sebab jam 5:30 burung sudah harus dalam posisi istirahat. Hal ini disebabkan karena jam istirahat burung Sirtu di habitatnya lebih awal daripada burung lainnya.

Demikian cara perawatan burung Sirtu supaya lebih rajin berbunyi. Semoga bermanfaat….

a

Perawatan Burung Sirtu Agar Gacor Sepanjang Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment