Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, April 14, 2016

Perbedaan Mabung dan Nyulam pada Cendet

Tipsburung.com - Mabung ataupun nyulam adalah hal yang sering terjadi dalam kehidupan ungguas, utamanya dalam hal ini burung berkicau. Namun begitu, mesi sama-sama jatuh bulu, mabung dan nyulam tidaklah sama. Tidak hanya itu, perawatan antara keduanya pun berbeda.

Lalu apa berbedaannya? Untuk membedakan antara mabung dan nyulam, setidaknya dua poin penting yang menjadi benang merahnya. Kedua poin dimaksud ialah sebagai berikut.


Pertama
Mabung adalah sikulus tahunan yang biasanya terjadi pada burung Cendet. Meski tahunan, ini bukan berarti proses pergantian bulu bisa terjadi setahun secara matematis. Kadang kala proses mabung ini bisa terjadi lebih awal namun kadang kala malah sangat telat. Hal ini sangat dipengaruhi oleh perawatan yang Anda berikan dan kondisi psikologis burung.

Proses jatuhnya bulu pun tidak hanya terjadi pada bulu halus namun juga semua bulu Cendet jatuh semua. Baik bulu dada, sayap, maupun ekor kadang kala jatuh bersamaan. Namun dalam beebrpa kasus, bulu besar biasanya akan jatuh lebih akhir. Pun bulu yang jatuh setiap harinya sangat banyak sehingga jika dalam hitungan hari sangkar tidak dibersihkan, kondisi bulu dalam sangkar akan menumpuk dan meminta untuk segera dibersihkan

Burung Cendet yang mendapatkan perawatan kurang baik, biasanya akan mengalami mabung lebih cepat. Hal ini disebabkan karena perawatan yang biasanya tidak konsisten yang membuat sistem dalam tubuh burung mengalami hal yang sangat rumit sehingga mempengaruhi masa mabung. Bahkan penjemuran dengan teknik mandi sauna juga bisa membuat Cendet mengalami mabung lebih cepat. Hal ini pun dipengaruhi oleh kondisi bulu yang mengalami penuaan lebih cepat.

Sementara nyulam biasanya disebabkan karena proses mabung yang tidak tuntas.  Bulu-bulu menjadi jatuh kembali setelah proses mabung dikatakan selesai karena bulu tua tersebut telat jatu. Dan bulu-bulu yang jatuh pun tidak banyak, meskipun setiap hari mesti ada yang jatuh namun setidaknya jumlahnya mungkin hanya satu dua helai.

Meski biasanya yang jatuh adalah bulu halus namun dalam beberapa kasus bulu besar seperti sayap dan ekor juga kerap kali jatuh pada saat nyulam. Untuk itu, hal ini sangat bergantung terhdap bulu mana yang belum jatuh saat mabung dulu.

Kedua
Mabung ditandai dengan jatuhnya banyak ketombe bulu burung  di dasar sangkar. Hal ini sebagai pertanda bahwa sedang terjadi peremajaan bulu di mana tunas bulu baru sudah tumbuh. Sedangkan jika nyulam, biasanya tidak ada ketombe yang jatuh. Namun demikian, sebenarnya hal ini mungkin bukan tidak ada namun sangat samar karena bulu yang jatuh atau tumbuh sangat sedikit sehingga ketombe yang jatuh pun tidak bisa terlihat.

Perbedaan Mabung dan Nyulam pada Cendet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment