Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, April 24, 2016

Rahasia Voer Halus untuk Kacer Over Birahi


Tipsburung.com - Pada umumnya, pemberian ukuran voer untuk burung berkicau disesuaikan dengan ukuran burungnya.  Untuk burung kecil (seperti prenjak, sirtu, pleci, greja, glatik wingko, dll), voer yang diberikan biasanya berupa voer kecil atau yang lebih populer dengan sebutan voer halus. Sedangkan untuk burung-burung berukuran besar seperti Anis Merah, Murai Batu, Kacer, dan sejenisnya, pemberian voer biasanya yang berukuran besar normal, Topsong, misalnya.

Cara ini diberlakukan oleh hampir semua kicau mania. Hal ini bertujuan supaya burung peliharannya merasa nyaman saat memakan. Burung kecil yang diberikan voer berukuran besar tentu saja akan kesulitan untuk memakannya karena ukuran paruhnya yang kecil. Begitu pula sebaliknya, burung esar yang diberikan voer ukuran besar normal, akan kesulitan mendapatkan voer karena terlalu kecil.

Namun tahukah Anda bahwa pemberian voer halus pada Kacer yang mengalami over birahi sangat penting dalam menurunkan level birahinya?

Dalam hal ini Anda harus  tahu bahwa pemberian voer halus untuk Kacer bisa membuat level burung ini kembali ke level yang ideal. Hal ini disebabkan karena vor halus ini mempunyai efek dan cara kerja sebagai berikut.
  • Karena voer ini halus, maka secara otomatis Kacer yang memakan voer ini tenggorokannya akan seret yang memungkinkannya meminum air lebih banyak. Nah, air yang diminum setiap hari dengan takaran yang tidak wajar ini dapat menekan emosi dan birahi burung sehingga bisa lebih rendah.
  • Voer ini akan membuat burung Kacer makan lebih banyak karena voer ini mempunyai sifat yang mudah dicerna oleh burung. Ini pun memungkinkan burung akan lebih sedikit makan jangkrik karena selalu merasa kenyang.

Saat Anda memberikan voer halus ini, pastikan takarannya banyak, kurang lebih setengah cepuk. Hal ini dilakukan agar burung merasa lebih nyaman memakan voer. Sebab jika sedit, burung akan erasa kesulitan karena ukurannya yang kecil.

Untuk itu, jika Anda mempunyai Kacer yang mengalami over birahi yang tidak kunjung berkesudahan, sebaiknya Anda mencoba cara ini. Namun pastikan, saat Anda memberikan “terapi” ini, sebaiknya burung dikarantina supaya tidak mendengar suara burung sejenis. Jika tidak, upaya Anda ini bisa gagal sebab suara burung sejenis bisa merusak birahi Kacer lainnya, utamanya Kacer yang mengalami over birahi.

Rahasia Voer Halus untuk Kacer Over Birahi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment