Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, April 19, 2016

Susu Bubuk Membantu Tuntaskan Burung Macet Mabung


Tipsburung.com - Kasus burung macet mabung adalah hal yang sering kali terjadi, karena memang sangat umum menimpa hampir semua jenis burung. Tidak terkecuali Kacer dan cendet yang memang selalu bermasalah dengan mabung, burung-burung lain seperti Murai Batu, Cucak Jenggot, Anis Merah, dan beberapa burung lainnya juga tidak terlepas dari problem ini.

Ada banyak dampak negatif yang harus dihadapi jika burung-burung Anda mengalami gagal mabung. Penampilan di lapangan yang kurang maksimal adalah dampak yang paling nyata dari burung yang gagal mabung ini. Hal ini kemungkinan besar dipengaruhi oleh terganggunya psikologis burung akibat tidak sempurnanya proses peremajaan bioglogis burung saat mabung karena tidak tuntasnya pergantian bulu.

Dampak lainnya adalah burung bisa mengalami sulam di kemudian hari yang akan mengganggu performa dan masa top form burung. Burung kerap kali tampil tidak stabil di lapangan sehingga terjadi banyak perubahan yang sangat mencolok bila dibandingkan dengan masa sebelum mabung.


Untuk itu, jika burung Anda mabung apalagi sampai macet, harus diwaspadai supaya tidak terjadi hal-hal yang kurag diinginkan dengan penampilan burung Anda sebagaimana digambarkan di atas. Burung harus diupayakan untuk mabung sampai tuntas agar setelahnya bisa tampil lebih baik.

Lalu bagaimana jika burung sudah terlanjur gagal mabung? Sebenarnya masalah ini sudah banyak dibahas dalam blog ini, berikut solusinya. Namun kali ini akan dijelaskan solusi lain, ialah mengenai peran susu bubuk untuk proses burung mabung.

Susu bubuk bisa dimanfaatkan untuk membantu menuntaskan burung yang gagal mabung. Hal ini disebabkan karena susu ini mengandung banyak nutrisi yang bisa membantu membuka pori-pori burung sehingga burung bisa menuntaskan mabungnya. Masalah ini sudah menjadi rahasia para penghoby dn pemain burung sejak dahulu kala di mana jika burung mereka mengalami gagal mabung, maka diberikan susu bubuk ini.

Adapun cara pemberiannya adalah di mana susu dicampur dengan voer dalam cepuk lalu diberikan pada burung sebagai menu utamanya. Pastikan takaran susu ini tidak berlebihan sebab bisa berisiko membuat burung mengalami diare. Selain itu, jenis susu yang sangat disarankan adalah susu putih.

Selama burung mendapatkan asupan susu seperti ini, sebaiknya burung tidak dimandikan dan juga tidak dijemur. Namun jika terpaksa, jemur menggunakan kerodong atau yang disebut mandi sauna. Selebihnya, burung bisa difull kerodong sambil diasingkan dari suara burung, apalagi burung sejenis. Selain itu, Anda bisa menghentikan pemberian jangkrik supaya burung menjadi drop sehingga proses jatuhnya bulu bisa lebih cepat.



Susu Bubuk Membantu Tuntaskan Burung Macet Mabung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment