Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, April 6, 2016

Tips Jitu Agar Cendet Muda Hutan Cepat Gacor


Tipsburung.com - Cendet muda hutan atau yang biasa disingkat MH adalah cendet yang didapat dari hasil pulutan atau jaringan. Dalam hal ini, usia cendet biasanya masih muda sehingga masih mempunyai harapan untuk bisa gacor dan diturunkan ke arena lomba sebagaimana cendet yang dipelihara dari loloh.

Cendet muda hutan biasanya memang masih mungkin bisa menjadi bagus namun ini memerlukan waktu yang cukup lama, apalagi jika Anda merawatnya dengan salah. Jangankan gacor, untuk jinak dan beradaptasi saja biasanya akan sulit. Bahkan jika gagal adaptasi, cendet muda hutan biasanya akan berakhir dengan kematian. Sebab burung muda hutan ini biasanya tidak mau makan sehingga kekurangan energi dan pada akhirnya mati.

Kematian pada cendet muda hutan sangat lumrah karena cendet adalah burung yang sangat sensitif sehingga rawan stres. Jika stres, penyembuhannya pun sangat susah karena biasanya tidak doyan makan. Hal ini berbanding terbalik dengan cendet peliharaan dari kecil yang biasanya lebih tahan banting.
Untuk itu, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuatnya tidak stres terlebih dahulu. Berikan jangkrik sebanyak mungkin agar cendet merasa nyaman dengan lingkungan barunya. Baru setelah itu, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut supaya cendet muda hutan Anda cepat gacor.

Ajari makan vor
Mengajari cendet muda hutan adalah suatu keharusan bagi Anda. Sebab dengan makan voer, cendet muda hutan biasanya akan lebih bisa dikendalikan. Stelan harian maupun lapangannya kelak juga bisa diseting dengan lebih mudah. Dan untuk mengetahui bacaimana cara mengajari cendet makan voer, baca kembali artikel Teknik Jitu Melatih Burung Bakalan Makan Voer

Jinakkan
Setelah makan voer, proses selanjutnya adalah melakukan penjinakan pada cendet muda hutan Anda. Tahap penjinakan bisa dimulai dengan membuka sedikit demi sedikit kerodong dan dilakukan secara bertahap. Hal ini betujuan supaya cendet berani terhadap Anda dan orang lain yang mungkin lewat di sekitarnya.

Jangan lupa untuk memandikan burung setiap hari sebab mandi ini mempunyai peranan yang sangat besar dalam penjinakan burung. Kalau perlu, mandikan burung dua kali sehari untuk menurunkan emosi dan hormon stresnya. Hal ini dilakukan supaya cendet muda hutan Anda lebih cepat jinak. Sebab, burung apapun tidak akan pernah gacor jika tidak jinak. Karenanya, penjinakan di sini menjadi kunci gacor dan tidaknya burung Anda.

Selain itu, gantunglah burung cendet muda hutan Anda di tempat lalu lalang orang. Misalnya di depan pintu. Untuk tahap awal, Anda bisa memulainya dengan kondisi burung dalam keadaan basah. Sebab jika burung dilatih dalam kondisi kering, burung biasanya akan lebih banyak gerak akibat ketakutan sehingga akan semakin stres.

Setelah cendet muda hutan berani pada pada orang, selanjutnya penjinakan bisa dilakukan dalam tahap yang lebih ektrem lagi. Taruhlah burung yang baru selesai dimandikan di pinggir jalan. Atur jarak agar tidak terlalu dekat dengan jalan raya sebab dikhawatirkan burung malah semakin stres. Namun setelah burung mulai berani, dekatan perlahan-lahan setiap hari. Lakukan proses ini sampai burung benar-benar jinak dan tidak takut terhadap orang lain.

Latih berbunyi
Saat proses penjinakan, tentu saja burung biasanya sudah mulai belajar berbunyi meskipun malu-malu. Kondisi ini harus Anda dukung dengan cara sesekali menempatkannya di ruangan yang sepi. Mengapa tempat sepi? Karena hanya ruangan seperti inilah yang paling efektif melatih cendet muda hutan supaya bisa berbunyi.

Setelah berbunyi meskipun masih semaunya dan malu-malu, berikan pakan yang tinggi protein seperti ulat dan kroto. Kedua makanan ini mampu merangsang cendet muda hutan Anda untuk berbunyi lebih cepat. Sebab protein dalam pakan tersebut dapat memacu birahi burung sehingga berada pada titik maksimal.

Sewaktu-waktu ditrek
Jika burung cendet muda hutan Anda sudah mulai rajin berbunyi, langkah selanjutnya adalah Anda bisa mengecasnya sewaktu-waktu. Pertemukan burung Anda tersebut dengan burung sejenis untuk melihat tingkat birahi dan fighternya. Namun sebelum Anda mempertemukan cendet muda hutan Anda ini, pastikan lawan burung Anda ini tidak terlalu gacor. Bahkan kalau bisa, burung tersebut masih bahan dan kualitasnya jauh di bawah burung cendet muda hutan Anda.


Tips Jitu Agar Cendet Muda Hutan Cepat Gacor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment