Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, April 13, 2016

Tips Menangani Cucak Hijau Over Birahi

Tipsburung.com - Cucak Hijau adalah burung semi fighter yang mempunyai gaya tarung sangat indah karena bisa ngentrok dan jambul. Burung ini pun sebagai burung yang sangat cerdas karena hanya jika mendengar suara burung lain meskipun hanya dalam beberapa hari bahkan menit, burung ini langsung bisa menirukannya. Namun begitu, jika terlalu banyak suara yang ditirukannya, materi lama apalagi tidak pernah didengarnya lagi, bisa hilang.

Sebagai burung semi fighter, burung berwarna hijau dan hitam ini harus mempunnyai tingkat birahi yang bagus untuk bisa bertarung. Jika tidak, burung ini akan malas untuk merespon ketika ditrek dengan Cucak Hijau lainnya. Inilah salah satu alasan mengapa menyetel Cucak Hijau untuk lapangan sangat suah.


Ketika level birahi pada Cucak Hijau ini maksimal, burung akan tampil dengan maksimal. Ia akan ngentrok dan jambul. Namun jika terlewat birahi, burung ini pun tidak akan memberikan respon yang dalm menghadapi musuh-musuhnya. Beberapa perilaku Cucak Hijau over birahi antara lain seperti melet, ngembung, bahkan jika didekati atau pegang kurungannya, burung Cucak Hijau ini akan berbunyi krek-krek. Selain itu, burung juga tidak akan berbunyi seperti hari-hari biasanya karena tidak ngeplong.

Untuk mengatasi burung Cucak Hijau yang over birahi seperti ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai berikut.

Mandikan lebih sering
Mandi lebih sering akan membantu menurunkan birahi burung Cucak Hijau yang sedang mengalami over birahi. Karenanya, jika pada setelan mandi biasanya Anda memandikan sehari sekali, Anda bisa menambahkannya menjadi dua kali sehari.

Mandi malam
Mandi malam sangat dianjurkan untuk Cucak Hijau yang mengalami over birahi. Sebab, sebagaimana mandi lebih sering, mandi malam juga bisa menurunkan birahi burung sehingga akan lebih stabil. Dan untuk lebih efektifnya, mandi malam bisa dilakukan pada jam 9 (sembilan) ke atas.

Hentikan EF
Selama Cucak Hijau over bvirahi, Anda bisa menyetop pemberian ekstra foding terlebih dahulu selama beberapa waktu. Hal ini dilakukan agar upaya penurunan birahi yang Anda lakukan lebih efektif.

Umbar setiap hari
Selama Cucak Hijau over bvirahi juga sangat disarankan untuk dilakukan pengumbaran. Pengumbaran ini harus dilakukan setiap hari karena ini akan membantu menurunkan birahi.

Ganti pisang dengan ppaya
Sejauh  ini diketahui bahwa pepaya adalah buah yang juga efektif untuk menurunkan birahi pada Cucak Hijau. karenanya, selama burung over birahi, sangat disarankan untuk mengganti pisang dengan pepaya.

Berikan cacing
Pemberian cacing dapat dilakukan selama Cucak Hijau over bvirahi. Anda bisa memberikannya 3 ekor setelah dipotong-potong terlebih dahulu. Namun jika over birahi Cucak Hijau Anda sudah agak parah, Anda bisa memberikannya 5 ekor setiap hari.

Demikian solusi yang dapat Anda lakukan untuk Cucak Hijau yang over bvirahi. Selamat mencoba…


Tips Menangani Cucak Hijau Over Birahi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment