Blog Burung | Tutorial Burung

Saturday, April 23, 2016

Tips Perawatan Sirtu Muda Hutan Agar Lebih Cepat Berbunyi


Tipsburung.com - Burung Sirtu adalah burung dengan warna bulu yang sangat lembut. Burung ini juga mempunyai kiacuan yang indah dan merdu sehingga banyak yang menyukainya sebaga burung rumahan. Perawatannya pun tergolong sederhana meskipun terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan terkait denga karakter dasar dari burung yang warnanya mirip kepodang ini.

Karena burung muda hutan, tentu saja burung Sirtu harus mendapatkan penanganan yang ekstra. Hal ini berbeda halnya dengan sirtu yang dipelihara sejak loloh, yang tentunya perawatannya lebih mudah. Untuk itu, sebelum Anda membeli Sirtu ini, sebaiknya Anda perhatikan beberapa hal berikut supaya tidak mati akibat stres dan lebih cepat berbunyi.

Pertama-tama Anda harus memastikan bahwa Sirtu yang Anda beli adalah jenis kelamin jantan. Sebab, jika burung Sirtu yang Anda punya tenyata betina, akan sulit untuk berbunyi. Sebab, hanya Sirtu jantanlah yang bisa berbunyi dan bahkan bisa membawakan lagu dengan baik.

Tand Sirtu berjenis kelamin jantan biasanya ditandai oleh beberapa hal seperti warna lidah berwarna hitam, ekor menyatu, warna bulu lebih tegas dan terang, mempunyai garis putih yang tegas pada sayap, kepala lebih besar, dan posturnya lebih panjang dan ramping. Selain itu, sirtu jantan juga ditandai dengan suaranya yang lebih lantang dan variatif.

Selain jenis kelamin jantan, Anda juga harus memastikan bahwa Sirtu yang akan Anda beli masih berusia muda. Burung yang sudah dewasa tidak baik untuk dipelihara karena di samping rawan mati akibat stres, juga sakan sangat susah untuk beradaptasi sehingga sangat sulit untuk berbunyi. Burung Sirtu yang sudah dewasa, juga sangat liar sehingga susudah untuk dijinakkan, utamanya mengenai kedekatannya dengan sang empunya/perawat. Dan adapun Sirtu yang masih muda biasanya ditandai oleh warna paruh yang masih berwarna keputihan,

Sebelum Anda memilih, pastikan Anda memilih Sirtu yang sehat, tidak terlalu liar (kalau didekati dengan tangan tidak langsung lari dan grapyakan), bulu lengkap, dan yang pasti sesekali sudah mengeluarkan suara. Burung Sirtu dengan kondisi seperti ini biasanya tidak mengalami stres berat dan akan lebih cepat berbunyi. Atau bahkan jika ada, pilih yang sudah ngevor, atau burung sudah makan vor.

Jika Anda sudah memiliki burung Sirtu muda hutan ini, sekarang saatnya Anda harus melakukan tahap perawatan. Perawatan yang Anda berikan ini sangat penting dal;am menentukan cepat dan tidaknya burung sirtu ini berbunyi. Adapun cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk membuatt burung Sirtu ini cepat berbunyi dan gacor ialah sebagai berikut.

  1. Keluarkan burung saat pagi-pagi buta, bahkan jika mungkin lakukan pengembunan. Hal ini bertujuan supaya stres burung Sirtu berkurang dan lebih cepat beradaptasi.
  2. Setelah matahari terbit, segera mandikan burung. Jangan lupa untuk membersihkan kandang, aksesoris, dan mengganti air dan voer. Jangan lupa pula untuk memberikan jangkrik atau ulat.
  3. Jemur burung sebentar saja, kurang lebih setengah jam. Namun jika burung sudah beradaptasi, penjemuran bisa ditingkatkan.
  4. Selanjutnya, burung bisa diangnin-anginkan lalu ditaruh di tempat sejuk atau masukkan ke dalam rumah.
  5. Sore hari, burung bisa diberikan jangkrik atau ulat lagi seperti saat pagi hari.
  6. Burung dimasukkan ke dalam kamar sampai besok
  7. Berikan rangsangan dengan cara memberikan dan memperdengarkan suara burung sirtu yang sudah gacor
  8. Pemberian EF bisa ditingkatkan sampai menemukan level kegacorannya.

Kunci utama dalam perawatan Sirtu muda hutan sebenarnya terletak pada penjinakannya. Semakin cepat jinak, maka ia akan semakin lebih cepat untuk berbunyi. Karenanya, sebelum Anda melakukan perawatan seperti di atas, sebaiknya lakukan penjinakan terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menambah frekuensi mandi setiap harinya. Anda bisa memandikannya pagi, siang, dan sore. Namun ini tentu saja harus disesuaikan dengan kondisi dan cuaca.

Selain mandi, Anda bisa melakukan penjinakan dengan menggantungnya di tempat ramai dan lalu lalang orang. Tempat tersebut misalnya depan atau halaman rumah atau dekat kamar mandi di mana Anda dan keluarga sering lewat untuk ke kamar mandi.

Dengan beberapa teknik di atas, sangat dimungkinkan Sirtu muda hutan Anda akan lebih cepat beradaptasi, jinak, dan gacor. Selamat mencoba…..!!!



Tips Perawatan Sirtu Muda Hutan Agar Lebih Cepat Berbunyi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment