Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, April 4, 2016

Tips Perawatan Sogok Ontong Agar Gacor


Tipsburung.com - Sogok Ontong adalah burung master yang mempunyai suara yang sangat indah. Meski harganya lebih murah bila dibandingkan dengan Kolibri Ninja, Sogok Ontong mempunyai suara khas yang sangat unik, dan tidak kalah dengan suara Kolibri Ninja. Suara ngerolnya sangat kuat sehingga sangat indah jika dibawakan atau ditiru burung ocehan lainnya.

Tidak hanya ngerol, suara Sogok Ontong juga bisa membawakan lagu dengan cara nembak. Meski tidak terlalu panjang, tembakannya yang dibawakan dengan mengalun namun rapat membuat burung ini sangat dicari. Beberapa burung yang sangtat penting untuk dimaster dengan burung Sogok Ontong ini ialah Murai Batu, Kacer, Cucak Ijo, Cendet, dan lain sebagainya.

Gacor dan tidaknya burung mungil ini sangat ditentukan oleh cara perawatan yang Anda berikan setiap hari. Dan perawatan burung ini gampang-gampang susah karena pada hakikatnya burung ini tidak memakan serangga yang kaya protein, melainkan hanya madu dan nektar.

Untuk itu, di bawah ini adalah tips bagaimana merawat Sogok Ontong ini dengan baik sehingga cepat dan tetap gacor sepanjang hari.

Jemur rutin
Sebagaimana burung pada umumnya, Sogok Ontong juga membutuhkan sinar matahari untuk membuatnya menjadi lebih sehat. Selain itu, sinar matahari juga dibutuhkan untuk menyetabilkan birahinya. Namun penjemuran yang tepat untuk burung mungil ini ialah hanya sebentar saja. Dalam cuaca panas, penjemuran dilakukan kurang lebih setengah jam saja.

Berikan susu kental
Sogok Ontong adalah burung pemakan nektar. Karena Anda susah mendapatkan nectar, Anda disarankan untuk menggantinya dengan susu kental. Dan untuk melatih Sogok Ontong makan susu, Anda perlu membaca postingan sebelumnya, Cara Melatih Kolibri dan Sogok Ontong Makan Kroto.

Berikan kroto
Sebagaimana telah dijelaskan, meski burung ini di habitatnya tidak makan kroto, Anda harus mengajarinya memakan makanan tinggi protein ini (baca kembali Cara Melatih Kolibri dan Sogok Ontong Makan Kroto). Sebab hanya dengan asupan kroto burung Sogok Ontong ini bisa rajin berbunyi.

Berikan ulat kandang
Selain kroto, Anda juga bisa melatihnya supaya Sogok Ontong doyang makan Ulat Kandang. Sama dengan kroto, Ulat Kandang juga sebagai EF yang dapat meningkatkan frekuensi bunyi Sogok Ontong. Biasanya EF ini hanya diberikan jika kroto sedang langka.

Berikan cepuk besar untuk mandi
Mandi adalah kebutuhan bagi setiap burung, tidak terkecuali burung Sogok Ontong. Karenanya, mandikan burung tersebut secara rutin. Namun begitu, teknik mandi burung ini sebaiknya tidak disemprot, keculi jika terpakasa sebab kadang kala bisa stres. Karenanya, cukup sediakan cepuk besar setiap hari dan biarkan dia mandi sendiri.

Tempatkan di tempat sejuk dan semilir
Sogok Ontong adalah burung yang menyukai suasana sejuk dengan angin yang semilir. Karenanya, tempatkan Sogok Ontong pada tempat-tempat tersebut supaya lebih rajin berbunyi. Kalau perlu, gantung di bawah pohon yang rindang.

Tips Perawatan Sogok Ontong Agar Gacor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment