Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, May 13, 2016

4 Cara Memancing Burung Gereja

Tipsburung.com - Burung gereja adalah burung master paling penting dalam setiap burung, utamanya burung kontes. Sebab suara burung ini termasuk materi wajib dan harus dimiliki jika ingin burung tersebut ingin disebut dan dikategorikan sebagai burung bagus. Untuk itu tidaklah mengherankan jika banyak pemain burung banyak yang memelihara burung gereja di rumah sebagai masteran burung-burungnya agar menjadi materi tonjolan.

Jika di sekitar rumah Anda ada burung gereja itu malah lebih bagus sebab burung Anda akan termaster secara otomatis. Dan sebagaimana Anda pahami, suara burung gereja asli yang hidup secara berkoloni biasanya lebih bagus daripada suara yang dihasilkan dari Mp3 atau burung gereja yang Anda pelihara. Sebab untuk Mp3, misalnya, suaranya tidak bisa sama persis dengan burung asli meskipun masih bisa diedit.

Untuk burung gereja asli yang Anda pelihara, biasanya kurang nyeped karena hanya berbunyi sendirian. Hal ini berebeda halnya dengan burung gereja yang hidup berkoloni yang biasanya bertarung atau kawin sambil mkejar-kejaran di atas pohon atau rumah. Di samping suaranya lebih rapat karena terdiri dari banyak burung, suara burung gereja liar ini juga lebih kasar. Namun sayangnya, kadang kala burung gereja tidak mau menjadi burung seperti yang Anda inginkan. Ketika diharapkan, burung ini malah menjauh dari rumah Anda.

Untuk memancing burung gereja ini supaya lebih betah dan bahkan sangat kerasan di rumah Anda, setidaknya ada 3 cara yang efektif yang dapat Anda lakukan. Ketiga cara tersebut akan dijelaskan dalam uraian berikut.

Jangan buang nasi sisa
Ya, jangan buang nasi sisa sekalipun sudah basi. Ini bisa Anda manfaatkan untuk memancing burung gereja yang sewaktu-waktu melintas di atas rumah Anda. Caranya adalah taruh dalam wadah besar lalu jemur di atas genteng rumah Anda. Jika burung gereja di rumah Anda memang sangat sulit dijangkau, hal ini kadang kala membutuhkan waktu relatif lama. Namun jika burung gereja liar sering berada di wuwungan rumah Anda, maka proses pemancingan seperti ini tidak membutuhkan waktu yang lama.


nasi sisa bisa dimanfaatkan untuk memancing burung gereja

Setelah burung gereja menghampiri nasi kering (puli) tersebut, Anda bisa menambah nasi setiap harinya supaya burung gereja lebih banyak datang dan merasa nyaman di rumah Anda. Di samping itu, Anda juga sudah tidak harus menaruh nasi kering tersebut di atas genteng lagi namun di tempat manapun yang Anda suka. Tetapi pastikan, Anda selalu memberinya setiap kali nasi kering tersebut habis.

Jangan buang sisa voer
Sisa vor pakan burung sebaiknya jangan di buang. Sebaiknya Anda kumpulkan sampai banyak dalam satu wadah dan selanjutnya taruh di atas genteng. Namun  jika burung gereja sudah sering datang ke rumah Anda sekalipun yanya sebentar, sebaiknya taburkan voer tersebut di dekat tempat yang sering dihinggapi burung gereja. Hal ini membuat burung gereja bisa betah di rumah Anda karena terdapat pakan yang cukup untuk mereka makan sehari-harinya.

Jangan buang sisa pakan Kenari atau LB


biji-bijian sisa kenari atau LB bisa ditanam atau ditabur 

Kedua jenis burung ini adalah pemakan biji-bijian. Jika terdapat pakan sisa, sebaiknya jangan dibuang namun manfaatkan untuk memancing burung gereja supaya mendekat dan betah di rumah Anda. Caranya, taburkan biji-bijian tersebut di atas tanah gembur lalu siram dengan air setiap hari. Jika ternyata burung gereja datang menghampiri dan ingin memakan biji-bijian tersebut, hal itu tidak menjadi soal. Namu jika tidak, juga tidak menjadi masalah karena Anda tetap beruntung jika biji-bijian hingga tumbuh. Sebab, tanaman ini yang akan mendatangkan burung gereja setelah berbuah di kemudian hari. Dalam hal ini, burung gereja akan semakin betah di rumah Anda karena ketersediaan pakan yang banyak.

Berikan tempat untuk ditinggali burung
Jika rumah Anda sudah sering didatangi burung gereja, sekarang tugas Anda adalah membuatnya supaya burung tersebut bisa menghuni rumah Anda. Caranya adalah dengan memberikan tempat tinggal yang layak untuk mereka diami. Sebagai contoh, Anda bisa menanam pohon palem yang biasanya terdapat banyak pelepah sebagai tempat tinggal burung gereja dalam jangka waktu yang lama. Atau Anda memberikan pipa-pipa berukuran sedang sebagai tempat tinggal burung gereja. Bisa juga dengan memberikan ruangan di atap-atap rumah Anda agar burung bisa beranak-pinak di situ.

Demikian cara yang paling praktis dalam memancing burung gereja untuk bisa tinggal di rumah Anda. Dengan metode ini, diharapkan burung gereja tidak hanya mau singgah dan berbunyi di atas wuwungan rumah Anda namun juga betah dan tinggal di (sekitar) rumah Anda.


simak video berikut bagaimana cara tipsburung.com memancing burung gereja di rumah.

4 Cara Memancing Burung Gereja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment