Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, May 11, 2016

4 Prinsip Perawatan Kacer Selama Mabung


Tipsburung.com - Mabung pada unggas, termasuk burung Kacer, adalah rutinitas tahunan. Jika burung tidak sedang terjadi trobel, maka akan secara pasti mengalami mabung setiap setahun sekali. Durasi mabung pada setiap burung bervariatif, antara dua sampai empat bulan. Dalam beberapa kasus, kadang kala mabung bisa sampai enam bulan.

Adapun langkah-langkah untuk perawatan Kacer mabung dapat Anda lakukan sebagaimana berikut.

Full kerodong
Kacer yang mengalami mabung atau molting harus diistirahatkan dengan baik supaya ia tidak mengalami gangguan yang pada akhirnya bisa mengganggu proses mabung dan jatuh bulu. Untuk itu, Anda bisa menggantungnya di sebuah ruangan sambil difull kerodong. Full kerodong disini dimaksudkan agar burung Kacer benar-benar bisa istirahat total dan tidak mendapatkan gangguan dari lingkungan sekitar.

Selama Anda melakukan full kerodong, Anda tidak disarankan untuk benar-benar full kerodong selama burung mengalami mabung. Paling tidak setiap dua hari sekali, Anda disarankan untuk membuka kerodong burung Kacer lalu menaruhnya di teras rumah atau di bawah pohon. Selanjutnya, diangin-anginkan burung selama beberapa menit lalu dikerodong lagi dan dimasukkan ke dalam rumah. Namun pastikan, tempat tersebut tidak sedang terkena sinar matahari langsung karena burung Kacer yang mabung tidak boleh terkena sinar matahari.

Jangan dijemur terlebih dahulu
Alasan burung Kacer tidak boleh terkena sinar matahari ialah karena sinar matahari langsung bisa membuat bulu burung Kacer mabung menjadi segar kembali sehingga akan mengganggu proses mabung. Untuk itu, jika tidak sedang terjadi masalah seperti Kacer yang kurang sehat, burung Kacer mabung sebaiknya tidak dijemur.

Jangan dimandikan terlebih dahulu
Burung Kacer mabung juga sebaiknya tidak dimandikan. Sama seperti sinar matahari, air hanya bisa membuat bulu burung Kacer menjadi segar kembali sehingga proses mabung menjadi terganggu. Dan meskipun ada banyak orang yang tetap memandikan Kacernya selama mabung dan tidak terjadi masalah, itu hanya kasuistik dan kasusnya sedikit. Karenanya, untuk lebih berhati-hati, sebaiknya burung Kacer tidak dimandikan selama mabung. Sebab dikhawatirkan nasib Anda kurang mujur sehingga burung menjadi macet mabung total. Jika ini yang terjadi, maka masalah Anda akan bertambah dan Anda pun tidak akan bisa main Kacer ke lapangan karena harus menunggu proses mabung pada Kacer Anda.

Masalah takaran EF
Selama burung Kacer mengalami mabung, sebaiknya pemberian EF dihentikan dan pemberian baru dilakukan setelah bulu-bulu mulai tumbuh. Namun jika Anda kurang merasa yakin dan kasihan, sebaiknya porsinya ditambah sedikit. Hal ini mengingat kebutuhan Kacer yang sangat tinggi terhadap nutrisi selama mabung.

EF di sini bukan hanya berupa jangkrik namu semua jenis makanan hidup seperti kroto. Kroto ini sangat dibutuhkan oleh Kacer yang mengalami mabung sebab pakan ini merupakan sumber nutrisi yang paling tinggi dan terlengkap. Karenanya, paling tidak tiga kali sehari Anda bisa memberikan kroto ini pada burung Kacer yang sedang mabung. Namun pastikan, kroto yang akan Anda berikan adalah kroto yang masih segar, bukan kroto yang sudah basi atau hasil kulkasan yang telah berhari-hari lamanya.

Demikian cara yang paling baik dalam merawat kacer yang harus Anda lakukan selama mabung. Semoga bermanfaat…!!!

4 Prinsip Perawatan Kacer Selama Mabung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment