Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, May 9, 2016

6 Terapi untuk Kacer yang Tidak mau Ngeplay di Rumah

Tipsburung.com - Ada kacer yang hanya mau ngeplay atau ngobra saat ada musuh sedangkan jika sedang sendiri kacer tersebut tidak menunjukkan perilaku ini. Bagi yang baru senang dengan burung berwarna hitam putih ini tentu ini menjadi masalah karena kurang asyik. Namun bagi rang yang sudah lama bermain kacer, tentu saja hal ini tidak menjadi masalah karena dia hanya perlu memolesnya sedikit lagi.


Kondisi burung kacer yang hanya mau buka ekor ketika ada musuh disebabkan karena kondisi birahi kacer yang belum maksimal. Karenanya, ketika burung ngoceh sendiri, tidak akan memberikan reaksi yang sama seperti ketika ada musuh. Ini menandakan bahwa sang empunnya harus meningkatkan level birahi kacer dan melakukan beberapa terapi kecil.

Adapun untuk membuat kacer supaya bisa ngobra di rumah sekaligus di lapanga, Anda bisa mencoba beebrapa terapi berikut.

Naikkan level birahi dengan EF
Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah mencoba menaikkan level birahi Kacer hingga berada pada titik paling ideal. Caranya adalah dengan memberikan takaran jangkrik lebih banyak dari jumlah harian sambil diberikan kroto. Porsi kroto pun harus banyak dan dilakukan setiap hari. Jika selama Anda memberikan rawatan seperti Kacer Anda belum ada perubahan, sebaiknya Anda mencabut voer dan menggantinya dengan kroto dengan takaran lebih banyak lagi sebagai gantinya.

Kurangi mandi
Menaikkan level birahi Kacer juga bisa diatasi dengan cara mengurangi mandi. Jika Anda misalnya memandikan kacer Anda setiap hari atau dua kali sehar, sebaiknya dikurangi menjadi dua kali dalam seminggu. Ini memungkinkan Kacer memiliki birahi yang stabil supaya bisa ngeplay sekalipun tidaka da musuh.

Tambah durasi jemur
Untuk hari biasa, Anda mungkin hanya menjemur Kacer ini hanya pada jam 10 atau lebih sedikit. Namun untuk saat ini, sebaiknya durasi jemur ditambah hingga jam 11 siang. Setelah itu, kalau perlu, Kacer bisa jemur kembali pada jam 2 hingga sore.

Setelah dijemur, Kacer sebaiknya langsung dikerodong dan diistirahatkan total dan baru dibuka kembali pada sore hari untuk diberikan pakan berupa EF. Setelah itu, burung bisa langsung dikerodong kembali dan diistirahatkan sampai pagi hari.

Jauhkan dari suara burung, sekalipun burung masteran
Saat burung Kacer selesai mandi atau jemur, sebaiknya ditempatkan di ruangan sepi yang jauh dari suara burung lain sekalipun burung masteran. Sebab suara burung tersebut dapat mengganggu konsentrasi dan efektivitas terapi ini.

Berikan kelabang
Untuk mendukung keberhasilan terapi, sebaiknya Anda memberikan kelabang pada burung Kacer yang tidak mau ngeplay saat sendirian ini. Saat Anda hendak memberikan hewan menggigit dan berbisa ini pada kacer, sebaiknya matikan dan buang kepalanya. Pemberian kelabang ini bisa dilakukan seminggu dua kali dan dihentikan jika burung sudah mau ngotot dan fighter. Tapi ingat, jangan sesekali Anda memeberikan kelabang ini melebihi jumlah yang telah disebutkan apalagi sering, sebab ini bisa memberikan efek buruk pada kacer. Sebab kelabang mengandung protein yang sangat tinggi dan bisa merontokkan bulu burung jika diberikan berlebihan. Bahkan efek yang lebih buruk lagi, kacer bisa mengap terus sepanjang hari karena badannya terlalu panas.

Mandi sauna
Anda juga bisa mencoba melakukan penjemuran dengan teknik kerodong basah atau yang disebut mandi sauna. Saat hendak mau dijemur, air minum tidak dicabut namun airnya hanya diberikan sedikit karena kacer kadang kala sangat rentan dengan kematian kalau dijemur berlebihan dan tanpa air minum. Sementara itu, jika Anda memberikan voer, harus dicabut agar tidak terkontaminasi. Setelah burung dientas dari penjemuran, buka kerodong lalu air minum diganti dengan yang baru dan vor dimasukkan. Setelah dirasa burung sudah tidak kepanasan, langung dikerodong dan dimasukkan ke dalam rumah.

6 Terapi untuk Kacer yang Tidak mau Ngeplay di Rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment