Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, May 6, 2016

Bagus Mana Parkit Jantan atau Betina untuk Masteran?

Tipsburung.com - Burung Parkit adalah burung paruh bengkok yang mempunyai suara khas dan kasar sehingga sangat cocok dijadikan masteran burung berkicau. Burung yang mempunyai bulu sangat halus ini tidak hanya digandrungi oleh kalangan pemain namun juga penghoby sebagai burung klangenan di rumah. Dan meskipun harganya naik turun dan tidak pernah stabil, burung ini tetap dikembangbiakkan oleh pencintanya.

Ada banyak anggapan yang simpang siur, jenis kelamin manakah yang paling baik jika Parkit ingin dijadikan masteran? Ada yang bilang dan beranggapan bahwa sebaiknya pilih yang jenis kelamin betina sebab ia lebih rajin dan mempunyai suara yang panjang serta asli. Namun sebagian yang lain menilai bahwa Parkit jantanlah yang paling bagus karena mempunyai suara yang lebih keras dan bisa isian sehingga bisa menghemat burung master.


Sebenarnya menurut pengamatan tipsburung sejauh ini, bagus dan tidaknya seekor Parkit untuk masteran tidak sepenuhnya ditentukan oleh jenis kelamin. Namun setidaknya, ada beberapa hal yang menjadi penentu sebagaimana berikut. Di samping sebagai pengetahuan, bahasan berikut sekaligus bisa dijadikan panduan jika Anda hendak hunting Parkit.
  • Memang Parkit dengan jenis kelamin betina bisa nyecret panjang namun ini bukan berarti Parkit jantan tidak bisa mempunyai kualitas yang sama.  Karenanya, ini sangat ditentukan oleh faktor genetis. Burung Parkit muda yang lahir dari indukan nyecret panjang, besar kemungkinan ia juga akan nyecret panjang.
  • Pastikan Anda lihat Parkit tersebut saat nyecret panjang. Apapun jenis kelaminnya, Parkit tersebut sangat potensial untuk dipelihara dan dijadikan masteran. Hal ini disebabkan karena adanya fenomena di mana burung Parkit kadang kala tidak bisa nyecret dengan panjang. Ia hanya suara angkatan dan nyecret pendek dengan cara diulang-ulang sehingga kurang bagus untuk dijadikan masteran.
  • Pastikan pula Parkit tersebut memang sudah gacor dan terlihat dari caranya selalu berbunyi meskipun dengan intensitas rendah. Jangan memilih Parkit yang cenderung diam sehingga kurang baik untuk masteran.
  • Warna sebaiknya tidak memilih yang polos seperti kuning (lutino) atu putih (albino) sebab biasanya tingkat kegacorannya kurang. Bahkan Parkit jenis warna polos tersebut biasanya cenderung pendiam dan pemalas sehingga kurang cocok jika dijadikan masteran.
  • Berikan perawatan yang tepat dan konsisten, mulai dari mandi, penjemuran, pemberian jagung atau kankung, dan lain sebagainya. Dengan perawatan yang baik dan konsisten, besar kemungkinan Parkit Anda akan menjadi sangat bagus sehingga sangat layak untuk dijadikan burung master karena bisa menghasilkan suara yang rapat, kasar, dan panjang pada burung termaster.

Dari uraian di atas dapat dikatakan bahwa sebenarnya gacor dan tidaknya atau bagus dan tidaknya seekor Parkit tidak sepenuhnya bisa ditentukan oleh faktor jenis kelamin. Bagus dan tidaknya seekor Parkit sangat ditentukan oleh faktor genetis dan warna. Karenanya, sebelum atau saat Anda hunting, sebaiknya jangan lihat jenis kelaminnya terlebih dahulu. Lihatlah pertama kali soal kegacoran dan panjangnya ceccretannya. Jika Anda mendapatkan burung Parkit seperti itu, apapun jenis kelaminnya, besar kemungkinan ia akan menjadi burung master yang sangat bagus untuk burung kicauan Anda.

Bagus Mana Parkit Jantan atau Betina untuk Masteran? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment