Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, May 18, 2016

Cara Melatih Cendet Supaya Tidak Takut Kendaraan


Tipsburung.com - Ada banyak penghoby cendet yang merasa kurang menarik jika cendetnya takut pada kendaraan. Selain bikin emosi, cendet takut kendaraan juga rawan mengalami stres ketika naik kendaraan, apalagi jika sudah sampai di tempat keramaian seperti lapangan lomba. Karenanya, burung kerap kali tidak bisa tampil dengan baik saat kontes dan ini pun kerap kali menguji kesabaran sang empunya.

Untuk burung kontes, burung berani terhadap kendaraan merupakan sebuah idaman. Apalagi jika burung-burung tersebut mempunyai jam terbang tinggi, tentu banyak pemain yang mendambakannya. Bagaimana tidak, burung tersebut harus naik mobil setiap kali lomba karena lokasi lomba yang jauh karena burung jam terbang tinggi biasanya bermain di luar-luar kota.

Cendet paling takut terhadap motor atau pun mobil. Hal ini biasanya disebabkan karena burung sejak kecil jarang dikeluarkan dan dikenalkan dengan keramaian. Karenanya, cendet merasa ketakutan jika melihat hal-hal yang tidak pernah dilihatnya sejak kecil. Dan cendet pun mempunyai ingatan yang sangat kuat, karenanya cendet tidak akan pernah lupa apa saja yang tidak pernah dilihatnya waktu kecil.

Untuk cendet trotol supaya tidak takut kendaraan
Hal yang harus Anda lakukan adalah sering mengeluarkan dan mengenalkan dunia luar pada cendet. Jangan sampai Anda hanya fokus pada pemasteran sehingga burung selalu di dalam rumah. Cendet juga butuh keluar rumah untuk melepas kesumpekan setelah setiap hari hanya hidup daklam kerodong dan mendengarkan suara masteran yang itu-itu saha.

Selain itu, cendet muda juga butuh dikeluarkan karena perlu akrab dengan lingkungan manusia. Bahkan kalau perlu, jemurlah sesekali cendet Anda di pinggir jalan setiap pagi agar ia tidak getap pada kendaraan. Atau, bawa cendet jalan-jalan setiap waktu agar bisa mengenal dunia luar. Hal ini di samping bisa membentuk karakter cendet muda, juga bisa melatih mental. Bukan hanya mental dalam artian berani pada kendaraan namun juga menyangkut fighternya.

Untuk cendet dewasa yang terlanjur takut kendaraan
Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu mencoba menggantungnya di dekat keramaaian. Bahkan jika mau ekstrem, burung langsung dijemur di pinggir jalan. Namun sebelum Anda menjemurnya, pastikan Anda menyemprotnya sampai benar-benar basah. Hal ini bertujuan supaya burung tidak banyak polah yang tidak hanya bisa membuat paruhnya menjadi terluka namun juga bisa drop.

Jika ketika kering burung menjadi grapyakan akibat ketakutan, sebaiknya burung disemprot kembali hingga basah. Cara ini bisa Anda ulangi esok harinya.

Ini juga Penting untuk Dicoba
Sesekali Anda juga perlu mencoba menggantangnya di tempat-tempat yang ramai, bahkan kalau perlu di daerah di mana banyak motor di situ. Ini akan membantu membentuk mental burung supaya terbiasa dengan mobil. Karenanya, ajaklah teman-teman Anda yang mempunyai burung sejenis supaya cendet Anda bisa belajar dari cendet lain dalam menyikapi ketakutannya pada kendaraan.

Terapi ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar, maka karenanya Anda harus bisa besabar. Jika hoky, dalam satu atau dua minggu mungkin burung cendet sudah tidak takut kendaraan lagi. Namun jika tidak, Anda membutuhkan waktu yang lebih lama lagi dan ini sangat menguji kesabaran Anda. Namun apapun yang terjadi, keberhasilan dengan usaha yang maksimal, akan memberikan kepuasan yang lebih nikmat.

Selamat mencoba…!!!

Cara Melatih Cendet Supaya Tidak Takut Kendaraan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment