Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, May 24, 2016

Cara Mengajari Gelatik Wingko Muda Hutan Makan Voer


Tipsburung.com - Populasi Gelatik Wingko akhir-akhir ini semakin memprihatinkan akibat banyaknya perburuan pada burung yang satu ini. Karenanya, ada banyak penghoby yang mencoba mengembangbiakkan atau meelstarikannya dengan cara diternak. Namun kebutuhan pasar terhadap bahan gelatik jenis ini belum bisa mencukupi, akibatnya Gelatik Wingko hasil buruan dari hutan liar tidak bisa dielakkan.

Akibat banyaknya permintaan pasar, harga Gelatik Wingko saat ini semakin meningkat. Namun begitu, permintaan pasar tetap stabil sehingga stok Gelatik Wingko di pasaran semakin menipis. Inilah sebabnya mengapa saat ini jarang sekali ditemukan Gelatik Wingko bakalan di pasar-pasar burung atau kios-kios pakan burung berkicau.

Jika Anda membeli Gelatik Wingko ini dari hasil tangkapan hutan, tentu saja untuk bisa menjadi hidup dan bahkan gacor di kemudian hari, burung harus dilatih makan voer terlebih dahulu. Sebab tanpa makan voer, burung bisa membuat sang empunya menjadi kerepotan sehingga berisiko mati. Karenanya, mengajari Gelatik Wingko makan voer adalah hal yang sangat penting Anda lakukan.

Adapun cara melatih Gelatik Wingko makan voer ialah sebagai berikut.

Cara pertama
Cara yang pertama adalah Anda menyiapkan voer haulus kemudian taruh dalam cepuk berukuran sedang. Selanjutnya, masukkan Ulat Kandang secukupnya lalu berikan pada burung Gelatik Wingko. Dalam tiga hari atau lebih, burung Gelatik Wingko Anda sudah bisa makan voer.

Cara kedua
Jika cara pertama tidak berhasil, Anda bisa memakai cara yang kedua. Caranya, ambil voer halus lalu masukkan ke dalam cepuk berukuran sedang lalu campur dengan kroto atau Ulat Hongkong yang sudah dipotong-potong kecil. Tuangkan susu bubuk secukupnya lalu aduk hingga rata. Setelah itu, berikan pada burung Gelatik Wingko Anda.

Untuk memastikan bahwa Gelatik Wingko Anda sudah ngevor (memakan voer) atau belum, Anda bisa mengecek kotorannya. Gelatik Wingko dengan fases kuning atau hijau (sesuai dengan warna voer), bisa dipastikan Gelatik Wingko Anda sudah makan voer.

Sebaliknya, jika kotoran Gelatik Wingko Anda masih putih cair namun kental dan lengket, Gelatik Wingko Anda belum ngevor. Jika ini yang terjadi, maka Anda bisa melakukan latihan ini lebih lama lagi. Namun biasanya, kurang dari 5 hari burung sudah ngevoer.

Cara Mengajari Gelatik Wingko Muda Hutan Makan Voer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment