Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, May 20, 2016

Cara Mengatasi Bulu Ekor Burung yang Tidak Mau Tumbuh

Tipsburung.com - Ada kalanya, karena kerusakan akibat giras atau karena faktor masih anakan, ekor burung kadang kala dicabut. Hal ini bertujuan supaya bulu burung tersebut bisa tumbuh dengan rapi dan tumbuhnya pun secara bersamaan. Karenanya, diharapkan ekor burung yang baru tumbuh ini bisa bertahan lebih lama. Sebab, jika ekor burung sampai rusak dan acak-acakan, secara penampilan burung sangat tidak meyakinkan.

Namun problemnya, kadang kala karena bulu burung sudah agak tua, tumbuhnya bulu baru bisa terhambat. Hal ini disebabkan karena kadang kala terjadi penyumbatan pada pori-pori ekor burung sehingga bulu tidak kunjung tumbuh. Kemungkinan lainnya adalah bulu sudah tua alias hampir memasuki masa mabung sehingga burung pun tidak mempunyai vitamin yang cukup untuk menumbuhkan bulu. Akibatnya, pertumbuhan bulu terhambat sehingga sangat lama.

Untuk mengatasi masalah yang pertama, Anda bisa membaca artikel yang telah diposting sebelumnya. Sedangkan untuk masalah kedua, Anda bisa melakukan tiga hal berikut.



Berikan EF tanpa batas
Pemberian jangkrik yang banyak bisa menjadi solusi terbaik bagi burung Anda yang bulunya tidak tumbuh. Sebab, jangkrik mempunyai banyak vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh burung, termasuk menumbuhkan bulu ekor. Karenanya, berikan jangkrik yang banyak setiap hari dan kalau perlu tingkatkan hingga dua kali lipat dari setelan harian.

Pemberian jangkrik ini dilakukan pada saat pagi dan sore hari dengan takaran yang sama. Dan untuk EF lain seperti kroto, sesekali Anda bisa memberinya namun jangan terlalu sering. Bahkan untuk ulat, sebaiknya Anda menyetopnya terlebih dahulu sebab ulat tidak bisa membantu perkembangan bulu. Bahkan sekalipun kandungannya sangat bagus, ulat tetap tidak baik diberikan dalam kondisi ini sebab berisiko merusak bulu lainnya. Hal ini diakibatkan karena ulat bersifat sangat panas, melebihi panas EF jenis apapun.

Mandikan lebih sering
Saat Anda menggelontorkan jangkrik pada burung, jangan khawatir burung akan mudah birahi sebab sepanjang Anda bisa memandikannya dengan baik, burung tidak akan mengalami masalah. Bahkan mandi pada burung bukan hanya bisa menyetabilkan birahi namun sangat membantu menumbuhkan bulu baru burung dengan lebih cepat.

Air bersifat dingin dan mempunyai kandungan yang bisa menumbuhkan bulu lebih cepat. Itulah alasannya mengapa banyak orang yang menganjurkan sering berkeramas jika ingin rambutnya ingin panjang lebih cepat. Hal ini pun bukan hanya berlaku pada rambut manusia namun juga bisa diterapkan pada burung.

Kurangi jemur
Saat proses penumbuhan bulu, burung sangat disarankan untuk tidak dijemur setiap hari. Bahkan jika Anda ingin menjemurnya karena alasan kesehatan, sebaiknya jemur di pagi hari saat sinar matahari belum terlalu menyengat. Jika terpaksa di siang hari, sebaiknya durasinya dikurangi alias jangan terlalu lama sebab ini bisa menghambat pertumbuhan bulu.

Dengan mengurangi durasi dan intensitas jemur seperti di atas, diharapkan bulu baru burung bisa tumbuh lebih cepat. Untuk itu, sekalipun burung baru saja selesai dimandikan, sebaiknya angin-anginkan saja.

Dengan menggunakan ketiga metode di atas, diharapkan tunas bulu baru burung Anda bisa tumbuh lebih cepat. Untuk itu, lakukan metode ini dengan baik untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Selamat mencoba….!!!

Cara Mengatasi Bulu Ekor Burung yang Tidak Mau Tumbuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment