Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, May 15, 2016

Cara Mengatasi Cucak Ijo Sering Ngembung dan Jarang Bunyi

Tipsburung.com - Setiap burung mempunyai karakter dan kebiasaan yang berbeda-beda satu sama lain. Hal ini sepenuhnya dipengaruhi perbedaan setiap jenis burung yang berbeda-beda, mulai dari family hingga genetik. Hal ini pulalah yang kemudian menyebabkan adanya perbedaan dalam perawatan antara burung satu dengan burung lainnya.

Cucak Ijo adalah burung yang mempunyai karakter semi fighter karenanya ia bukan tipe burung petarung murni. Karenanya, sifat fighter yang dikeluarkan saat burung digandeng dengan burung lain atau di gantangan adalah cenderung sebagai akibat saja dari tingginya level birahi burung tersebut yang bisa membuat burung ini menjaga daerah kekuasaan atau teritorialnya.


Jika level birahi burung Cucak Ijo ini bagus, maka ia akan bisa tampil baik di lapangan. Ia bisa ngentrok dan jambul yang juga merupakan karakter dasar burung Cucak Ijo. Namun begitu, tidak semua Cucak Ijo bisa mempunyai gaya ngentrok dan jambul seperti ini. Sebab dalam beberapa kasus, ada beberapa Cucak Ijo yang tidak bisa ngentrok maupun jambul.

Ketika Cucak Ijo ini mengalami kelebihan birahi, maka ia akan banyak mengalami perubahan, utamanya dalam masalah perilaku. Jika ia mengalami birahi yang berlebihan, burung ini akan menunjukkan beberapa perilaku seperti sering ngembung. Bahkan Cucak Ijo yang over birahi juga bisa tidak berbunyi sama sekali dan sekalipun berbunyi mungkin hanya ngeriwik saja.

Itulah yang sering kali dikeluhkan oleh banyak pemula. Burung Cucak Ijonya tiba-tiba mengembung, apalagi jika dikekati. Bahkan burung tiba-tiba menjadi sangat pendiam dan hanya sesekali terpantau ngeriwik saja. Perilaku seperti ini tentu saja sangat meresahkan bagi pemula karena umumnya mereka belum tahu atas perihal ini.

Ada dua cara yang dapat Anda lakukan jika Anda mempunyai Cucak Ijo yang sering mengembungkan bulunya dan hanya ngeriwik saja. Kedua cara ini dilakukan bertujuan untuk menurunkan level birahi burung sehingga burung bisa kembali berperilaku normal.

Mandi malam secara rutin
Mandi malam adalah solusi terbaik jika Anda ingin burung Cucak Ijo tidak akan mengembungkan bulu-bulunya. Mandi malam ini harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Adapun waktunya, Anda bisa melakukannya mulai dari jam 7 atau 8 malam hingga tengah malam.

Asingkan dari suara burung lain
Untuk mendukung proses terapi ini, sebaiknya burung Cucak Ijo dikarantina. Jangan sampai Cucak Ijo Anda mendengar suara burung lain, apalagi suara burung sejenis. Sebab hal ini bisa menaikkan birahi burung Cucak Ijo.

Tempatkan di ruangan khusus
Idelanya, burung Cucak Ijo yang mengalami birahi seperti ini harus ditempatkan di ruangan sendiri. Ruangan tersebut harus sejuk dan nyaman. Bahkan jika perlu, tempatkan di dekat kamar mandi. Suasana ini sering kali bisa membantu mempercepat proses penurunan birahi burung Cucak Ijo.

Berikan pepaya
Untuk buah, sebaiknya diganti dengan buah pepaya. Hal ini disebabkan karena buah ini sangat membantu dalam menurunkan birahi burung. Untuk itu, selama proses terapi, Anda tidak perlu memberikan pisang atau buah lainnya, lebih baik Anda memberikan buah pepaya saja setiap hari.

EF dikurangi
Pemberian Ekstra Foding (EF) juga harus dipangkas menjadi sangat minim. Jika Anda biasa memberikan jangkrik 3/3 pagi dan sore, pangkas menjadi 1/1 setiap hari. Ini bertujuan agar proses penurunan birahi bisa berjalan dengan efektif. Bahkan idealnya, Anda harus menyetop pemberian EF sama sekali. Jika Anda terpaksa ingin memberikannya, lebih baik berikan ulat bambu saja sebab EF jenis ini dapat menurunkan birahi burung. Baca lagi jenis EF lainnya di sini.

Jemur dikurangi
Selama burung mengalami peningkatan birahi, sebaiknya durasi penjemuran dikurangi. Sebab penjemuran bisa meningkatkan birahi burung sehingga usaha Anda akan cenderung percuma karena terganggun.

Demikian cara mengatasi Cucak Ijo yang sering mengembungkan bulu dan tidak mau berbunyi. Ketahui bahwa perilaku ini bukan perilaku yang negatif, ini hanya sebagai tanda dari kondisi Cucak Ijo yang over birahi.

Cara Mengatasi Cucak Ijo Sering Ngembung dan Jarang Bunyi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment