Blog Burung | Tutorial Burung

Saturday, May 7, 2016

Cara Merawat Kapas Tembak Agar Gacor dan Bisa Menjadi Masteran

Tipsburung.com - Kapas Tembak merupakan burung yang mempunyai suara kasar sehingga sangat cocok untuk dijadikan isian untuk burung-burung kicauan. Suaranya yang ngesret rapat, membuat burung ini sangat disukai oleh para penghoby burung berkicau. Untuk itulah, burung berkicau sebagian besar harus dimaster dengan suara  burung kapas tembak ini supaya mempunyai materi yang keras, kasar, enak didengar.

Untuk membuat Kapas Tembak menjadi gacor sebenarnya cukup mudah sebab perawatannya tidak jauh berbeda dengan burung lainnya. Apalagi jika misalnya Kapas Tembak tersebut memang mempunyai riwayat gacor sebelumnya, tentu saja Anda tinggal meneruskan dan mencari setingan setelan hariannya. Namun begitu, untuk membuatnya benar-benar gacor hingga layak dijadikan burung master atau turun kontes, tentu saja Kapas Tembak memerlukan perawatan khsus.

Oleh karena itu, berikut ini adalah cara perawatan agar Kapas Tembak tersebut menjadi gacor sehingga layak dijadikan burung master, lebih-lebih siap diturunkan ke arena lomba.

Pengembunan
Sebenarnya, untuk menjadi ngacor, burung  apapun perlu pengembunan sebab ini bisa merangsang burung untuk selalu berkicau. Hal ini disebabkan karena pengembunan dapat memberikan kesan dan pengalaman pada burung seperti berada di alam bebas sehingga secara psikologis burung menjadi lebih refresh. Pengembunan bisa dimulai dari jam 04:30 pagi atau jam 06:00, sesuai dengan kondisi dan cuaca.

Berikan pisang setiap hari
Karena Kapas Tembak ini adalah burung pemakan serangga dan buah, maka setiap pagi Anda harus menyediakan buah berupa pisang. Buah ini harus diganti setiap hari sebab dikhawatirkan sudah busuk atau terkontaminasi. Pastikan pula, pisang yang Anda berikan adalah pisang yang masih segar supaya kesehatan burung sangat terjaga. Bahkan kualitas pisang ini kadang sangat menentukan performa burung sepanjang  hari.

Berikan jangkrik sesuai setelan harian
Selain pisang, Anda juga perlu memberikan jangkrik setiap pagi dan sore. Mengenai takaran jangkrik ini harus disesuaikan dengan kondisi dan karakter burung Kapas Tembak Anda. Atau jika setelan Kapas Tembak Anda belum diektahui, Anda bisa menyetelnya sendiri dengan cara memberikan sejumlah jangkrik, misalnya 3-5 ekor setiap pagi dan sore. Lihat perkembangannya, jika Kapas Tembak Anda menjadi gacor, maka kemungkinan itulah setelan jangkrik yang pas buat Kapas Tembak Anda. Sebaliknya, jika misalnya belum bisa gacor atau malah over birahi, sebaiknya cari lagi setelan hariannya.

Kroto dua kali seminggu
Untuk kroto memang tidak wajib, namun jika Anda ingin Kapas Tembak Anda menjadi gacor, maka sebaiknya berikan kroto dua kali seminggu. Hal ini disebabkan karena kroto adalah pakan dengan kandungan protein yang sangat banyak sehingga mampu mendongrak birahi burung Kapas Tembak hingga menjadi gacor.

Masalah mandi
Untuk mandi, sebaiknya burung Kapas Tembak tidak usah terlalu sering. Cukup dua kali seminggu saja, atau bahkan seminggu sekali.

Masalah penjemuran
Penjemuran untuk Kapas Tembak sebaiknya tidak dilakukan setiap hari karena burung ini tidak begitu menyukai panas. Cukup jemur setiap kali selesai mandi, entah sekali atau dua kali seminggu, sesuai dengan jadwal mandi. Durasi penjemuran pun tidak disarankan untuk dilakukan dengan waktu yang cukup lama.

Demikian cara perawatan Kapas Tembak supaya bisa menjadi gacor dan layak dijadikan burung master. Semoga bermanfaat.

Cara Merawat Kapas Tembak Agar Gacor dan Bisa Menjadi Masteran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment