Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, May 9, 2016

Cara Merawat Sulingan Gunung agar Cepat Gacor

Tipsburung.com - Teledekan Gunung atau yang disebut juga Sulingan Gunung merupakan burung pemakan serangga yang banayk digemari oleh kicaumania Indonesia. Namun meskipun akhir-akhir ini pamornya semakin menurun (yang mungkin disebabkan) karena tidak adanya kelas di even-even burung berkicau, burung ini masih mempunyai penggemar sendiri.

Burung Sulingan  Gunung ini termasuk kerabat atau keluarga burung Sikatan (flycather). Terdapat dua jenis Sulingan Gunung (Cacing) dan Sulingan Gunung (bakau). Sulingan Gunung (Cacing) adalah jenis Sulingan Gunung di mana pada burung jantan mempunyai warna biru tua pada bagian atas tubuh, mulai dari ekor hingga kepala. Adapun bagian tubuh Sulingan Gunung jenis ini, mulai dari bawah paruh bawah hingga dada bagian depan berwarna kuning jingga. Sedangkan mulai dari perut ke belakang hingga penutup ekor berwarna putih.

Sedangkan Sulingan Gunung (bakau) adalah jenis Sulingan Gunung yang mempunyai warna yang sangat mirip dengan Sulingan gunung (cacing). Yang membedakannya hanyalah warnanya yang lebih kontars. Selain itu, warna biru pada dahi Sulingan Gunung (bakau) lebih muda, warna tubuh bagian bawah mulai dari leher hingga anus berwarna merah bata atau oranye tua, dan mukanya atau dagu lebih hitam.


Kedua jenis Sulingan Gunung inilah yang paling banyak digemari di Indonesia. Lalu bagaimana cara merawat burung ini supaya cepat berbunyi dan bahkan menjadi gacor? Berikut tipsnya.

Jaga kebersihan dan kenyamanan
Untuk menjadi gacor, pertama-tama Anda harus menjaga kebersihan dan kenyamanan burung Sulingan Gunung. Karenanya, bersihkan kandang setiap hari dari kotoran dan voer yang mungkin berjatuhan. Voer harus diganti setiap hari, begitu juga dengan air minum harus selalu diganti dengan yang baru setelah habis dijemur. Penempatan burung pun harus diperhatikan, jangan sampai burung di tempatkan di daerah atau lingkungan yang merasa burung tidak nyaman, misalnya dekat sepeda atau mobil yang membuat burung menjadi ketakutan bahkan mengalami stres.

Mandikan dan jemur secara teratur
Mandi dan jemur adalah  kebutuhan dari seekor burung sebab dengan keduanyalah burung bisa menjadi berbunyi dan gacor. Namun pastikan dalam memandikan dan menjurmurnya, Anda melakukannya dengan baik. Baik di sini berarti Anda melakukannya dengan teratur sesuai dengan kemauan dan karakter burung. Untuk itu, pemahaman terhadap karakter burung adalah kunci sukses dalam mencari setelan mandi dan jemur burung Sulingan Gunung ini.

Memandikan Sulingan Gunung bisa dilakukan kapan saja, bisa pagi, siang, dan sore. Namun pastikan, untuk membuat Sulingan Gunung ini merasa nyaman dan puas, jika menggunakan semprotan pakailah setelan embun. Namun jika Anda tidak mau repot, sebaiknya berikan cepuk berukuran agak besar saja lalu isi dengan air. Selanjutnya biarkan burung Sulingan Gunung mandi sendiri hingga puas.

Sediakan voer yang berkualitas
Voer yang berkualitas di sini bukan berarti voer dengan merk tertentu namun kandungan voer yang sesuai dengan kondisi burung. Jika burung Sulingan Gunung Anda adalah burung yang suka dengan setelan kencang, sebaiknya Anda memberikan voer dengan kandungan protein tinggi. Namun sebaliknya, jika Sulingan Gunung Anda suka dengan stelan yang rendah, Anda juga harus memberinya voer dengan kandungan protein sedang.

Berikan pakan tambahan
Pakan tambahan dimaksud di sini ialah ekstra foding yang berupa jangkrik dan kroto atau bahkan ulat. Serangga dan ulat ini adalah sebuah kebutuhan bagi burung Sulingan Gunung sebab di habitat aslinya, burung Sulingan Gunung ini memakan serangga sehingga pakan hidup itu sangat dibutuhkan. Hal ini bukan hanya semata-mata untuk memenuhi kebutuhan burung terhadap vitamin dan gizi lainnya namun dengan pakan tambahan ini burung akan menjadi lebih gacor.

Untuk jangkrik harus diberikan setiap hari bahkan bisa dua kali sehari, pagi dan sore. Adapun takaran atau jumlahnya Anda bisa kira-kira sendiri dan harus sesuai dengan kondisi burung, misalnya 3-4 ekor. Sedangkan untuk EF lainnya bisa diberikan seminggu sekali atau dua kali.

Kerodong pada malam hari
Untuk membuat burung Sulingan Gunung menjadi gacor, tentu saja burung ini tidak perlu diumbar sepanjang hari. Namun jika Anda ingin mendengarkan suaranya setiap hari, pada siang hari burung bisa tidak dikerodong tetapi saat malam hari, pengerodongan sangat mutlak. Hal ini selain karena burung akan bisa beristirahat dengan total, energi burung yang terkuras seharian karena aktivitasnya, menjadi pulih kembali setelah istirahat semalaman. Inilah yang memungkinkan burung siap kembali untuk melakukan aktivitas dan berbunyi kembali dengan baik.

Sesekali embunkan
Pengembunan di pagi hari adalah hal mutlak yang harus dilakukan untuk burung apapun yang kurang gacor. Sebab pengembunan akan membuat suasana psikologis burung menjadi lebih tenang dan rileks sehingga burung menjadi lebih rajin. Karenanya, jika Sulingan Gunung Anda kurang begitu gacor, maka sangat disarankan sesekali untuk diembunkan.

Demikian cara merawat burung Sulingan Gunung supaya menjadi burung yang gacor di rumah. Semoga bermanfaat!!!.

Cara Merawat Sulingan Gunung agar Cepat Gacor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment