Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, May 6, 2016

Cara Mudah Membedah dan Mengobati Benjolan di Kepala Burung

Cucak Hijau paling sering mengalami benjolan kepala daripada burung lain
Tipsburung.com - Tanpa ada sebab yang jelas, kadang kala kepala burung bisa mengalami benjolan. Penyakit ini tidak hanya bisa dialami oleh satu jenis burung saja namun yang paling sering adalah burung-burung kontes seperti Cucak Ijo (Cucak Hijau), Cendet, Murai Batu, dan Kacer. Burung tersebut adalah jenis burung yang paling sering mengalami benjolan pada kepala bila dibandingkan dengan burung lainnya, terutama Cucak Hijau.

Benjolan di atas kepala burung ini biasanya semakin hari semakin membesar. Ini disebabkan karena lemak yang berlebih akibat asupan ekstra foding yang berlebihan, terutama Ulat Hongkong. Jika tidak segera ditangani, meskipun jarang menyebabkan kematian, kondisi yang parah bisa menyebabkan kondisi kesehatan burung menjadi memburuk. Bahkan jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, benjolan ini akan berubah menjadi pembengkakan yang tentunya sangat menyakitkan burung.

Lalu apa yang harus Anda lakukan untuk menangani dan mengobati penyakit ini? Jangan bingung sebab pengobatan untuk penyakit ini tidak memerlukan biaya yang banyak. Bahkan Anda juga tidak perlu sampai membawanya ke klinik hewan atau dokter hewan. Sebab, Anda bisa melakukan pengobatan sendiri di rumah dengan cara membedahnya.

Sebelum Anda melakukan pengobatan, ada baiknya Anda perlu menyiapkan beberapa peralatan khsus yang akan digunakan membedah kepala burung. Bahan-bahan yang harus disiapkan tersebut ialah sebilah pisau atau sejenisnya yang tajam, satu buah esbatu berukurang kecil, dan satu buah betadin. Setelah ketiga alat tersebut sudah Anda siapkan, segera tangkap burung lalu pegang erat supaya tidak lepas.

Sebelum dioperasi, tempelkan es batu tersebut pada bagian kepala yang terkena benjolan selama kurang lebih satu menit. Setelah itu, lepaskan es batu dan perlahan arahkan mata pisau pada bagian benjolan lalu goreskan hingga benjolan tersebut terbelah. Selanjutnya, ambil isi benjolan tersebut yang seperti gajih lalu buang.

Setelah itu, tempelkan kembali es batu ke bagian luka untuk menyetop perdarahan berlebih dan mengurangi rasa sakit. Selanjutnya, usap air yang mungkin memenuhi  permukaan luka akibat operasi dengan cotton bud lalu berikan betadin lalu lepas kembali burung ke dalam sangkar. Jangan kaget jika dalam beberapa jam hari pertama kepala burung mungkin akan mengalami pembengkakan yang hebat. Sebab itu akan sembuh dalam beberapa jam.

Setelah tiga hari, burung biasanya akan sembuh menyusul luka yang juga sudah mulai mengering. Selama masa ini, Anda tidak perlu melakukan apapun, cukup rawat burung seperti biasanya.




Cara Mudah Membedah dan Mengobati Benjolan di Kepala Burung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment