Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, May 6, 2016

Cara Praktis Mengatasi Ekor Burung yang Tidak Mau Tumbuh


Tipsburung.com - Burung lomba atau kontes adalah burung yang tidak hanya dituntut untuk mempunyai lagu dan irama serta gaya yang bagus, namun juga harus tidak cacat. Cacat di sini menyangkut segala hal pada fisik burung, baik fisik secara langsung seperti kaki atau paruh, lebih-lebih cacat tidak langsung seperti halnya bulu atau ekor.

Seekor burung yang tidak mempunyai ekor bukan hanya tidak diperbolehkan ikut lomba atau tidak mendapatkan nilai maksimal dari juri. Burung tanpa ekor juga memberikan kesan yang kurang baik karena sangat tidak enak untuk dilihat. Karenanya, untuk menjadi burung bagus dan enak dilihat, burung harus tidak cacat, utamanya cacat ekor ini.

Kasus ekor burung yang tidak mau tumbuh bisa menyerang burung apa saja. Tidak hanya Kacer dan Murai Batu, burung-burung lain seperti Cendet, Cucak Ijo, dan burung-burung lainnya juga berpotensi mengalami kondisi seperti ini.

Lalu apa penyebab kondisi abnormal ini? Salah satu penyebab yang paling utama adalah karena bulu ekor pernah dicabut sementara kondisi bulu baru tumbuh alias ngebung.  Kondisi ini menyebabkan pori-pori bagian ekor burung menjadi tertutup sehingga sulit untuk mengeluarkan atau menumbuhkan bulu baru.

Untuk memastikannya, cobalah Anda pegang burung Anda yang mengalami kondisi abnormal ini. Amati kondisi pangkal ekor dengan saksama. Di situ biasanya akan tampak kondisi pori-pori yang tertutup rapat. Bahkan dalam beberapa kasus, kadang kala didapati kondisi pori-pori yang meneymbul atau terjadi pembengkakan akibat adanya bulu baru yang tumbuh dan tidak bisa menembus pori-pori.

Untuk mengatsi masalah ini sebenarnya Anda tidak perlu repot dan cemas. Tanpa modal dan bahkan gratis, Anda bisa menumbuhkan ekor burung Anda yang gundul ini dengan sangat cepat. Caranya adalah dengan membuka pori-pori pangkal ekor tersebut.

Untuk melakukan hal ini, Anda bisa langsung menangkap dan memegang burung dengan kuat namun jangan sampai terlalu erat supaya burung tidak sesak napas. Buka bulu bagian ekor dan amati dengan baik bagian pori-pori yang tertutup. Selanjutnya, buka pori-pori tersebut dengan menggunakan jarum atau peniti.

Setelah pori-pori ekor burung terbuka, oleskan betadin lalu biarkan selama beberapa hari. Jika pori-pori tersebut sudah sembuh, segera kerok atau gosokkan bagian ekor tersebut dengan menggunakan bawang putih yang sudah dibelah menjadi dua. Bawang putih di sini berfungsi untuk merangsang pertumbuhan bulu pada ekor burung.

Selama bulu ekor burung belum tumbuh, Anda bisa terus memberikan dan menggosokkan bawang putih tersebut. Namun biasanya, kurang dari dua minggu ekor burung biasanya sudah mulai tumbuh.

Cara Praktis Mengatasi Ekor Burung yang Tidak Mau Tumbuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment