Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, May 15, 2016

Cara Praktis Mengatasi Cucak Ijo Telat Panas di Lapangan

Tipsburung.com - Cucak Ijo adalah burung yang penuh misteri, karenanya diperlukan ketelitian dan kejelian khusus untuk bisa menampilkannya di lapangan. Tidak adanya kejelian, akan menimbulkan adanya perasaan bahwa memelihara burung berwarna hijau dan hitam ini sangat susah. Itulah yang kemudian mendasari banyak penghoby lebih memilih Cucak Ijonya sebagai burung rumahan saja.

Saat di lapangan, ada kalanya Cucak Ijo tidak mau bongkar isian atau paling tidak gacor lebih awal, tepatnya sebelum bendera start di berikan oleh juri. Burung baru berbunyi setelah penjurian berjalan setengah permainan. Hal ini tentu saja akan mengurangi penilaian akibat burung yang telat panas ini. Bahkan ada beberapa juri yang bisa langsung mencoretnya dari daftar nominasi.


Fenomena telatnya panas pada burung Cucak Ijo bisa disebabkan karena banyak hal. Kondisi ini kadang kala disebabkan karena setelan burung memang kurang pas atau burung yang memang kurang kondisi atau siap lapangan. Kemungkinan lainnya, burung masih demam panggung karena burung baru belajar main ke gantangan. Bahkan yang lebih parahnya lagi, perilaku ini kadang kala adalah karakter bawaan burung.

Jika telat panasnya burung disebabkan oleh beberapa hal di atas, cara kerja burung di lapangan kemungkinan masih bisa diperbaiki seiring dengan berjalannya waktu. Misalnya, jika burung Cucak Ijo telat panas karena masalah setelan yang kurang pas, Anda masih mempunyai kesempatan untuk mengotak-atik setelannya sampai menemukan setelan yang paling pas. Sedangkan jika itu dikarenakan burung yang belum kondisi atau siap lapangan, sebaiknya Anda memberikan rawatan yang konsisten terlebih dahulu sampai burung benar-benar siap lomba. Bahkan jika itu disebabkan karena demam panggung, sebaiknya Anda terus mengajarinya secara rutin, bisa di rumah dan bisa juga langsung ke latberan di lapangan.


Namun jika menyangkut penyebab yang terakhir, telat panasnya burung Cucak Ijo Anda akan sangat susah untuk memperbaiki. Sebab, apapun yang menyangkut karakter memang sangat susah untuk dirubah. Alih-alih bisa, kadang kala malah gagal total di mana burung malah menjadi drop jika Anda terus menggantangnya terus-menerus. Bahkan burung juga bisa OB jika Anda terus memebrikan setelan tinggi.

Ada sedikit tips untuk mengatasi Cucak Ijo yang telat panas di lapangan seperti ini. Caranya adalah Anda harus bisa mencuri start saat menggantang. Maksudnya, burung Cucak Ijo Anda yang telat panas tersebut harus digantang lebih awal dari peserta lainnya. Bahkan jika bisa, gantang sebelum burung sesi sebelumnya keluar semua dari lapangan. Misalnya sebelum Cucak Ijo adalah kelas LB, maka sebelum LB keluar semua dari lapangan, Anda sebaiknya sudah menggantang burung Cucak Ijo Anda yang telat panas ini.

Cara di atas dilakukan agar Cucak Ijo Anda tidak telat panas lagi karena durasi waktu gantang di lapangan yang sudah diseting lebih awal. Cara ini pun terbukti efektif untuk mengatasi Cucak Ijo yang telat panas seperti ini sehingga burung bisa mendapatkan penjurian yang layak.

Sebenarnya, cara ini tidak hanya diperuntukkan untuk burung jenis Cucak Ijo saja namun burung apapun yang sering mengalami telat panas, seperti Kacer, Anis Merah, Anis Kembang, Ciblek, Murai Batu, dan lain sebagainya, bisa diatasi dengan cara ini.

Cara Praktis Mengatasi Cucak Ijo Telat Panas di Lapangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment