Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, May 8, 2016

Inilah Penyebab dan Solusi Jika Cucak Ijo Anda Sering Melet


Tipsburung.com - Cucak Ijo adalah burung semi fighter yang banyak sekali peminatnya. Bukan hanya untuk burung rumahan, Cucak Ijo juga dipelihara untuk dijadikan burung kontes. Kelas Cucak Ijo sendiri saat ini sangat ramai, baik dalam even latpres, lebih-lebih even regional dan nasional.

Selain didis, perilaku Cucak Ijo yang sering terjadi adalah melet. Melet sendiri dapat diartikan sebagai sebuah kondisi di mana burung Cucak Ijo menjulurkan lidahnya sambil mengeluarkan napas seperti sedang kepanasan akibat jemur yang terlalu ektrem. Padahal burung tidak sedang habis dijemur dan juga tidak menjemurnya.

Jika dilihat sepintas, perilaku Cucak Ijo ini aneh. Melet tiba-tiba terjadi tanpa alasan yang jelas. Namun jika Anda mengetahui penyebabnya, tentu saja Anda akan dengan mudah menegnalinya.

Penyebab Cucak Ijo melet
Secara garis besar, melet pada Cucak Ijo disebabkan karena burung terlalu birahi. Kondisi ini bisa disebabkan karena asupan EF yang berlebihan atau kurang mandi dan bebera penyebab lainnya. Untuk itu, sebelum Anda mematenkan setelan harian, Anda harus bisa memahami kemauan burung terlebih dahulu seberapa banyak menu EF yang harus Anda berikan. Tanpa mengetahui itu, Anda tidak akan bisa memberikan stelan yang pas untuk harian Cucak Ijo Anda.

Setelah EF yang pas pada Cucak Ijo memungkinkan burung menjadi sangat nyaman dan stabil, baik dri segi kicauan maupun perilaku. Untuk itu, mencari setelan yang pas untuk seting harian sangat penting untuk mengondisikan burung Cucak Ijo supaya bisa tampil baik di lapangan.

Cucak Ijo melet kadang kala terjadi sehabis lomba akibat tingginya setelan yang Anda berikan. Untuk itu, untuk meminimalisir masalah ini, sebaiknya Cucak Ijo segera dimandikan setelah selesai lomba. Hal ini bertujuan untuk menurunkan dan mengembalikan birahi Cucak Ijo pada level yang semestinya. Jika tidak, Cucak Ijo berpotensi mengalami melet.

Solusi Cucak Ijo Melet
Lalu bagaimana cara mengatasi Cucak Ijo yang selalu melet? Seperti telah dijelaskan bahwa melet pada burung Cucak Ijo disebabkan karena burung mengalami over birahi. Karenanya, untuk mengatasi kondisi ini ialah dengan cara menurunkan birahinya.

Cara terbaik untuk menurunkan birahi Cucak Ijo adalah dengan memberikan buah pepaya. Buah ini tergolong sangat manjur dalam menurunkan birahi Cucak Ijo. Untuk itu, Anda bisa menyetop pemberian buah lain dan gantilah dengan buah pepaya ini.

Selama Anda memberikan pepaya, sebaiknya setelan harian tetap dilanjutkan seperti biasa. Namun untuk mandi, Anda bisa menambahkan jam mandi.  Selain itu, jangan sampai Cucak Ijo Anda mendengar suara burung sejenis. Sebab, suara burung sejenis sangat berisiko dalam menaikkan birahi Cucak Ijo Anda.

Demikian cara mengatasi Cucak Ijo yang melet, semoga bermanfaat.

Inilah Penyebab dan Solusi Jika Cucak Ijo Anda Sering Melet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment