Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, May 10, 2016

Kaki Kacer Bengkak? Ini Ragam Penyebab dan Pengobatannya

Tipsburung.com - Ada kalanya burung yang sehat mendadak kurang bergairah dan setelah diamati kaki burung tiba-tiba membengkak. Pada awal serangan, biasanya kaki burung tiba-tiba diangkat terus dan akhirnya lama kelamaan tumbuh benjolan dan pembengkakakn yang semakin hari kian besar. Jika tidak segera diobati, kondisi ini bisa semakin memburuk dan bahkan bisa mati akibat terjadi komplikasi.

Ada banyak penyebab yang dapat membuat kaki burung mengalai pembengkakan sebagai mana berikut.


kaki burung mengalami pembengkakan cukup parah (Foto: Yohan Constantine, Kacer Mania Indonesia)

Terdapat jamur atau bakteri akibat kurangnya kebersihan sangkar. Pada kondisi biasa, kemungkinan burung tidak memberikan reaksi apapun karena mungkin jamur tidak bisa berkembang biak apalagi menyerang burung. Namun jika kandang kotor dan bahkan mungkin burung jarang dimandikan dan jemur, sudah barang pasti burung akan terkena serangan jamur ini. Serangan ini biasanya menyerang pembuluh darah daerah karena kakilah yang paling sering berinteraksi dengan berbagai benda berjamur di dalam sangkar. Akibatnya, kaki burung menjadi membengkak dan semakin hari semakin membesar.
  • Gigitan nyamuk juga bisa membuat kaki burung menjadi membengkak akibat terjadinya gangguan pada pembuluh darah pada kaki burung. Hal ini biasanya terjadi akibat burung jarang atau malah tidak dikerodong sama sekali sehingga nyamuk dengan leluasa memakannya. Tidak hanya nyamuk, tungau dan serangga juga bisa menggigit kaki burung sehingga terjadi pembengkakan. Dan jenis burung yang paling berisiko mengalami pembengkakan seperti ini adalah burung Kenari.
  • Terjepit jeruji atau terkena serat jeruji sangkar yang garapannya kurang halus. Ini juga bisa menyebabkan kaki burung terluka dan akhirnya terjadi infeksi. Karenanya, sebelum Anda memilih sangkar, perhatikan garapannya, halus atau tidak. Bahkan Anda juga harus menghindari sangkar mentah yang digarap dengana asal, kecuali Anda sanggup membersihkannya dengan cara diamplas terlebih dahulu sebelum digunakan.
  • Over aktif pada burung juga bisa menyebabkan kaki burung menjadi bengkak. Dalam hal ini, misalnya kaki burung sampai terjadi benturan dengan benda-benda lain sehingga menyebabkan ligament tertekan sehingga pembuluh darah kaki burung menjadi tersumbat sehingga terjadi pembengkakan.
Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menangani kasus kaki Kacer yang mengalami pembengkakan seperti ini. Pengobatan yang akan dibahas di sini mulai dari menggunakan obat alami, obat manusia, hingga obat yang memang dibuat khusus kaki burung yang mengalami pembengkakan. Adapun bahan dan cara pengobatannya ialah sebagai berikut.
 

Oleskan minyak tawon
Pemberian minyak tawon ini bisa diberikan sekali sehari, namun untuk kasus yang sudah parah, bisa diberikan 3x sehari. Memang benar minyak ini tidak bisa langsung menyembuhkan namun paling tidak minyak ini bisa menghilangkan kaku pada daerah pembengkakan. Dan jika diberikan secara teratur, lama kelamaan kaki burung akan mulai mengempes hingga sembuh total. Untuk produk ini, Anda bisa mendapatkannya di toko-toko terdekat sebab ini adalah obat untuk manusia sehingga sangat mudah Anda dapatkan.

Oleskan salep 88
Salep 88 juga bisa diberikan. Sebagaimana minyak tawon, salep ini pada awalnya menghilangkan kaku pada daerah pembengkakan hingga akhirnya menyembuhkan. Pemberiannya pun bisa dilakukan 1x sehari namun dalam kasus yang lebih parah pemberian dapat dilakukan 3x sehari. Dan untuk mendapatkan produk ini, Anda dapat menghubungi apotek.

Gunakan Herbal Organic “Obat Kaki”
Obat ini memang sengaja dibuat khusus untuk mengatasi masalah kesehatan kaki burung seperti bakteri, jamur-spora, tungau, infeksi, digigit serangga, dan iritasi. Obat ini tidak hanya untuk burung tertentu namun untuk semua jenis burung. Obat ini belum tersebar luas sehingga jika Anda ingin mendapatkannya, bisa mengubungi nomer hape 081553371883 atas nama Bapak Bram.

Gunakan air garam
Air garam ini digunakan untuk merendam kaki burung yang terkena pembengkakan. Kondisi suhu air diusahakan dalam keadaan suam-suam kuku. Terapi ini pun setidaknya dilakukan setiap hari dan dengan durasi kurang lebih 5 menit

Kaki Kacer Bengkak? Ini Ragam Penyebab dan Pengobatannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment