Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, May 20, 2016

Kenali Manfaat Kunyit untuk Burung Kicauan


Tipsburung.com - Kunyit tidak hanya dikenal sebagai rempah-rempah namun sejak zaman nenek moyang kita, kunyit sudah dikenal sebagai salah satu tanaman obat. Hal ini disebabkan karena rimpang tanaman ini banyak mengandung zat kimia yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya pada manusia, kunyit juga bisa diberikan pada burung.

Apa saja kandungan rimpang kunyit? Sebagaimana dikatakan Sudarsono (1996: 26), rimpang kunyit banyak mengandung zat kimia yang sangat lengkap. Rimpang ini mengandung zat warna yang disebut kurkuminoid, suatu senyawa diarilheptanoid antara 3—4%. Kunyit juga mengandung minyak atsiri (2-5%), arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, tannin, dan dammar. Selain itu, kunyit juga mengandung antioksidan dan mineral yang sangat penting bagi tubuh, seperti magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, aluminium, dan bismuth.

Obat gangguan pencernaan
Atas kandungan di atas, kunyit sangat masyhur sebagai tanaman obat, utamanya penyakit yang berkaitan dengan pencernaan seperti halnya muntaber. Manfaat ini tidak hanya bisa diterapkan pada manusia namun juga pada burung. Karenanya, untuk burung-burung yang mengalami diare, Anda bisa memberikan air perasan kunyit ini dan diberikan pada burung sebagai pengganti air minumnya.

Membantu membentuk tulang dan darah
Kunyit juga sangat dibutuhkan oleh burung karena dapat membantu pembentukan tulang dan darah. Hal ini disebabkan karena kunyit kaya akan mineral yang salah satu fungsinya membantu pembentukan tulang dan darah.

Pembasmi radikal bebas
Antioksidan yang terkandung dalam kunyit juga sangat penting karena dapat membasmi radikal bebas sehingga kesehatan burung terpelihara.

Meningkatkan performa burung
Mineral yang terkandung dalam kunyit juga bisa memproduksi tenaga menyembuhkan berbagai gangguan pada burung. Akibatnya, burung menjadi lebih sehat sehingga performa burung pun bisa meningkat.

Meningkatkan fungsi saraf dan keseimbangan cairan tubuh
Mineral yang terkandung dalam kunyit juga dapat meningkatkan kesehatan burung dengan cara meningkatkan fungsi saraf dan cairan tubuh. Hal ini membuat kesehatan burung senantiasa terpelihara sepanjang waktu.

Mengatasi serak
Kunyit juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alternatif untuk burung serak. Manfaat ini belum banyak diungkap sejauh ini, namun dalam beberapa artikel di blog ini sudah sering dibahas.

Mengatasi burung kurang darah
Kunyit juga bisa membantu menyembuhkan penyakit kurang darah pada burung. Untuk itu, jika Anda mempunyai burung kurang sehat akibat darah rendah, segera berikan air perasan kunyit setiap hari.

Mengatasi masalah pada kerja ginjal
Untuk burung dengan gangguan pada kerja ginjal, juga dapat diberikan perasan air kunyit ini.

Mengatasi flu
Sebagaimana manusia, burung juga kerap kali mengalami flu. Karenanya, memberikan kunyit dengan rutin pada burung dapat menghindarkan burung dari serangan flu.

Pemberian kunyit pada burung bisa diberikan langsung setelah sebelumnya diiris kecil-kecil namun begitu biasanya jarang ada burung mau. Anda juga bisa membuatnya jus atau diparut terlebih dahulu lalu disaring untuk diambil airnya untuk diberikan pada burung sebagai ganti air minumnya. Namun cara ini lagi-lagi kadang kurang efektif karena burung kadang tidak mau minum air kunyit tersebut. Untuk itu, cara yang paling efektif adalah memberikannya pada jangkrik terlebih dahulu. Ketika jangkrik ini dimakan oleh burung, kandungan kunyit ini akan ditransfer pada burung Anda.

Cara di atas adalah metode untuk burung pemakan serangga. Lalu bagaimana dengan burung pemakan biji-bijian? Tidak ada cara yang lebih efektif selain memberikannya dalam bentuk jus atau hasil perasan. Caranya bisa diberikan sebagai pengganti air minum namun yang lebih efektif adalah diteteskan langsung ke dalam paruh burung. 


Sebagai penutup, simak video berikut tentang manfaat kunyit dan cara pemberiannya pada jangkrik.

Kenali Manfaat Kunyit untuk Burung Kicauan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

1 komentar:

Post a Comment