Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, May 30, 2016

Kumpulan Daun-daunan Penambah Stamina Burung Berkicau


Tipsburung.com - Meningkatkan stamina burung tidak harus memakai obat, apalagi obat yang kurang jelas kandungannya. Alih-alih ingin membuat burung menjadi tambah sehat dengan stamina yang selalu prima, pemakaian obat dalam jangka panjang bisa membuat burung gembos di kemudian hari. Hal ini disebabkan karena obat-obatan banyak mengandung bahan kimia di mana dalam pemakaian jangka panjang justru bisa membuat burung menjadi lesu.

Untuk itu, daripada menggunakan obat-obatan, lebih baik Anda menggunakan daun-daunan saja. Selain lebih hemat, pemakaian daun-daunan sebagai obat burung sangat aman karena tidak mempunyai efek samping sebagaimana obat kimia. Lebih dari itu, pemakaian daun-daunan juga mudah ditemukan di mana saja. Bahkan jika Anda sulit menemukannya, Anda bisa mencari atau membeli benihnya lalu ditanam di pekarangan rumah sehingga kapanpun Anda membutuhkannya, Anda bisa mengambilnya dengan mudah.

Adapun beberapa daun-daunan yang bisa meningkatkan stamina burung ialah sebagai berikut.

Daun ginseng
Daun ginseng sudah lama dikenal sebagai obat pada manusia. Manusia yang mengonsumsi daun ini staminanya bisa kembali meningkat bahkan juga bisa juga untuk meningkatkan vitalitas. Untuk burung, daun ginseng ini pun mempunyai manfaat yang kurang lebih sama. Adapun cara pemakaiannya ialah, untuk burung pemakan biji-bijian seperti Love Bird dan Kenari, Anda bisa memberikannya langsung sebagai pengganti sayuran.

Sedangkan untuk burung pemakan serangga, Anda bisa memberikan daun ginseng ini terlebih dahulu pada jangkrik. Nah, jangkrik yang sudah makan atau mengandung daun ginseng ini nanti diberikan pada burung. Namun dalam beberapa kasus, ada beberapa burung pemakan serangga yang bisa langsung memakan daun-daunan meskipun tidak banyak dan juga tidak setiap hati.

Daun pepaya
Daun pepaya juga dikenal sebagai tanaman obat yang mempunyai fungsi sangat baik untuk kesehatan burung. Tidak hanya mengobati dan mencegah terjadinya berbagai penyakit pada burung (sebut saja misalnya tetelo), daun pepaya juga bisa meningkatkan performa burung di lapangan. Karenanya, banyak para pemain yang menggunakan daun ini sebagai “jamu” untuk burung-burung mereka sebelum diturunkan ke arena lomba.

Adapun cara pemakaiannya, sama seperti pada daun ginseng di atas. Untuk burung pemakan biji-bijian, Anda bisa memberikannya langsung sebagai pengganti sayuran. Sedangkan untuk burung pemakan serangga, Anda bisa memberikannya terlebih dahulu pada jangkrik. Selanjutnya, jangkrik yang sudah banyak memakan daun pepaya ini langsung diberikan pada burung.

Daun kunyit
Daun kunyit juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin membuat burung menjadi lebih sehat dan berstamina. Hal ini disebabkan karena duan ini banyak mengandung senyawa aktif yang bisa mendongkrak kesehatan dan stamina burung. Bahkan meskipun tidak selengkap rimpangnya, daun kunyit juga mengandung radikal bebas yang bisa mencegah penyakit dan mematikan virus dan bakteri penyebab timbulnya berbagai penyakit pada burung.

Untuk pemberiannya sama saja dengan kedua teknik di atas. Namun yang perlu diperhatikan, karena daun ini mempunyai aroma yang kurang sedap, sebaiknya daun diberikan pada burung pemakan biji-bijian saat burung dalam kondisi lapar, misalnya sehabis dijemur. Begitu juga dengan burung pemakan serangga, jangkrik sebaiknya diberikan pada saat burung sedang lapar. Jika tidak, jangkrik kadang kala tidak dimakan. Kalaupun dimakan, kadang kala hanya kepalanya saja.

Daun jahe
Daun ini juga bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk diberikan pada burung Anda. Sebab daun ini mempunyai sifat hangat (meskipun tidak sehangat rimpangnya) sehingga burung sehat. Bahkan pemberian daun jahe yang diberikan secara rutin bisa meningkatkan stamina burung. Karenanya, ada banyak peternak/breeder atau pemain lapangan yang memberikan daun ini untuk burung-burungnya. Adapun cara pemakaiannya sama saja dengan semua pemakaian dia atas.

Kumpulan Daun-daunan Penambah Stamina Burung Berkicau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment