Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, May 6, 2016

Makanan Sogok Ontong Agar Gacor dan bisa Jadi Masteran


Tipsburung.com - Sogok Ontong (Nectarinia jugularis) adalah burung mungil yang mempunyai kiacuan sangat indah. Ia adalah burung pemakan nectar di alam habitatnya sehingga sangat mudah dalam perawatannya. Namun sebagai burung yang dipelihara manusia, tentunya harus pakan burung ini harus disesuaikan dengan kondisi dan keinginan manusia. Sebab, burung ini tidak akan bisa gacor jika hanya memakan nektar. Selain itu, untuk mendapatkan nektar pun sangat sulit, sehingga manusia harus memberinya dengan pakan pengganti.

Untuk itu, supaya burung kecil ini bisa gacor, Anda harus memberinya beberapa pakan berikut. Tetepi begitu, pakan-pakan berikut sebenarnya bukan hanya bertujuan untuk membuatnya rajin berbunyi namun juga bertujuan untuk menggemukkan dan menjaga kesehatannya. Beberapa pakan dimaksud ialah sebagai berikut.

Air gula
Air gula ini merupakan pengganti nektar. Air gula dibuat dengan takaran satu sendok makan gula dan air satu gelas berukuran kecil. Sebelum diberikan ke Sogok Ontong, sebaiknya air ini digodok atau dimasak terlebih dahulu hingga gula larut dalam air dan air pun lebih kental. Setelah matang, air bisa didinginkan lalu dimasukkan ke dalam cepuk lalu diberikan pada burung. Sisa air ini bisa disimpan untuk esok harinya sebab air gula ini harus diganti setiap hari karena basi.

Susu kental
Selain air gula, Anda juga bisa menyediakan susu kental dalam sangkar burung Sogok Ontong. Jika burung Anda belum terbiasa makan susu kental ini, sebaiknya ajari terlebih dahulu. Susu ini tidak perlu diganti setiap hari karena tidak mudah basi, mungkin susu hanya berubah menjadi kering saja.

Madu
Untuk pakan ini, tidak begitu disarankan karena madu bersifat panas. Hal ini meskipun bisa membuat burung menjadi lebih gacor namun jika diberikan setiap hari biasanya kurang baik untuk kesehatan burung. Madu yang diberikan dalam jangka waktu lama bisa membuat burung mudah terserang penyakit dan akhirnya mati.

Kroto
Kroto adalah jenis EF yang mutlak diberikan jika Anda ingin membuat Sogok Ontong Anda menjadi gacor dan bisa dijadikan masteran. Sebab, kroto ini adalah pakan tinggi protein yang bisa membuat birahi burung meningkat dalam jangka waktu yang singkat. Untuk itu, kroto setidaknya harus diberikan dua kali semiggu, senin dan kamis.

Ulat kandang
Ulat kandang juga kurang begitu direkomendasikan, mengingat efeknya yang kurang baik untuk Sogok Ontong. Sebab, pemberian ulat kandang dalam jangka lama bisa membuat burung menjadi kecandua. Reaksinya, jika Sogok Ontong  ini tidak diberikan ulat kandang ini maka ia bisa kurang gacor atau malah mogok berbunyi.

Itulah beberapa makanan untuk burung Sogok Ontong. Memang di alam burung ini tidak memakan beberapa makanan di atas, namun dengan tujuan-tujuan tertentu seperti di atas, makanan-makanan di atas harus diberikan. Sebelum Anda memberikannya, ada baiknya Anda mengajari atau melatihnya terlebih dahulu. Dan mengenai caranya, tipsburung.com sudah menulisnya dalam artikel terdahulu di blog ini. Silakan dicek kembali.

Makanan Sogok Ontong Agar Gacor dan bisa Jadi Masteran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment