Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, May 4, 2016

Mengenal Ciri dan Solusi Mengatasi Kacer Mbagong karena Kurang Mapan


Tipsburung.com - Kacer yang dalam bahasa inggrisnya dikenal dengan sebutan Oriental Magpie Robin ini, ketika masih muda sehingga kurang mapan secara usia juga bisa mengalami mbagong. Karenanya, masalah mbangong pada burung harus mendapatkan perhatian yang jeli supaya tidak salah penanganan. Sebab pada umumnya banyak pemula menganggap bahwa mbagong pada burung kacer disebabkan karena over birahi dan lain sebagainya. Dan masalah usia ini kadang kala kurang mendapatkan perhatian sama sekali.

Kacer yang masih muda bisa mengalami mbagong disebabkan karena kondisinya yang belum stabil, baik secara fisik, lebih-lebih masalah mental. Karenanya, burung kacer muda ini merasa kewalahan dalam melawan musuh-musuhnya dan akibatnya burung mengalami kegugupan dan ketidakkuatan mental sehingga mbagong.

Lalu seperti apa cirri-ciri kacer yang mengalami mbagong karena usia? Lihat uraiannya sebagai berikut.

  • Pertama-tama pastikan Anda memahami usia burung Anda. Meskipun tidak tahu persis umur berapa, paling tidak Anda memahami kondisi kakinya. Jika kondisi kaki kacer masih basah, besar kemungkinan ini masih muda baget, bisa umur 1 atau 2 tahun.
  • Perilaku mbagong yang ditunjukkan ketika menghadapi musuhnya ialah di mana kacer biasanya akan merespon karena mempunyai nyali yang tinggi. Namun begitu, kacer muda ini biasanya akan sering mbangong atau beberapa kali mbagong. Setelah mbagong, burung ngobra kembali dan bertarung melawan musuhnya, namun biasanya akan mbaging kembali hingga beberapa kali.

Untuk menangani kacer mbangong karena usia yang kurang mapan ini, sebaiknya Anda melakukan beberapa hal sebagai berikut.

Asingkan
Hal pertama yang harus Anda lakukan dalah mencoba mengasingkannya selama beberapa waktu. Selama dikarantina ini, burung sebaiknya jangan sampai mendengar suara burung fighter lainnya, apalagi sejenis.

Sesekali dicas
Sesekali Anda bisa mengecasnya untuk memancing dan mengetahui seperti apa respon kacer tersebut. Pengecasan lebih disarankan menggunakan burung kacer betina daripada burung kacer jantan.

Rawatan dan pemberian EF normal
Selama Anda melakukan terapi seperti ini, sebaiknya burung dirawat secara normal. Artinya, perawatan bisa dilakukan seperti harian biasa yang Anda berikan pada burung kacer tersebut, terkait penjemuran, takaran EF, hingga mandi.

Demikian cirri-ciri dari kacer yang mbagong karena kurang paman dari segi usia. Dengan mengetahui gejala mbagong tersebut, diharapkan Anda bisa memberikan solusi yang tepat seperti di atas supaya burung Anda bisa normal sebagaimana yang Anda harapkan.

Mengenal Ciri dan Solusi Mengatasi Kacer Mbagong karena Kurang Mapan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment