Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, May 12, 2016

Minyak Ikan Solusi Terbaik Tingkatkan Nafsu Makan Burung Berkicau


Tipsburung.com - Ada kalanya, burung mempunyai nafsu makan yang besar sehingga mudah untuk diseting seperti yang Anda inginkan. Burung dengan nafsu makan seperti ini, biasanya mudah untuk setingan lapangan dan bahkan jika harus turun beberapa sesi atau kelas, burung ini biasanya akan tetap kuat. Sebab burung dengan nafsu makan besar, mempunyai energi ganda yantg diperoleh dari asupan pakan yang banyak tersebut.

Untuk burung yang nafsu makannya kurang, kadang kala menjadi masalah serius, apalagi jika burung tersebut adalah burung kontes. Sebab burung dengan nafsu makan yang rendah, di samping tidak mempunyai tenaga lebih saat lomba sehingga kadang kala tidak kuat untuk turun beberapa sesi, burung juga akan susah dikondisikan. Hal ini akan menjadi semakin parah jika burung tersebut termasuk burung yang susah untuk ngotot.

Sebagaimana diketahui bahwa ngotot dan tidaknya burung saat lomba, di samping didukung oleh faktor rawatan, juga sangat ditentukan oleh asupan, terutama ekstra foding (EF). Burung dengan nafsu makan tinggi tentu akan bisa makan EF sebanyak dan sekuat mungkin. EF ini tidak hanya meningkatkan birahi namun juga tenaga burung. Perbaduan keduanya itulah yang bisa membuat burung menjadi lebih ngotot.

Dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa jika Anda mempunyai burung dengan nafsu makan yang tinggi, sudah barang tentu burung akan lebih ngotot dan siap turun di semua sesi di kelasnya. Sebaliknya, jika burung Anda tidak mempunyai nafsu makan yang cukup, sekali atau dua kali sesi lomba, mungkin burung masih bisa main ngotot. Namun jika lebih dari itu, kemungkinan besar burung Anda sudah loyo dan bahkan jika Anda mencoba memaksa untuk tetap turun, burung berpotensi mengalami drop.

Untuk itu, jika Anda mempunyai burung yang kurang ngotot, sebaiknya berikan minyak ikan sebab minyak ini bisa menambah nafsu makan burung meningkat dengan cepat. Caranya setiap jenis burung berbeda-beda. Untuk burung pemakan seranggan, minyak ikan sebaiknya disuntikkan ke jangkrik lalu diberikan pada burung. Pemberian minyak ikan ini hanya cukup sekali sehari dengan takaran satu buah. Pemberian minyak ikan ini bisa dilanjutkan sepanjang nafsu makan burung Anda belum naik.

Sedangkan untuk burung pemakan biji-bijian, minyak ikan bisa diteteskan pada biji-bijian di dalam cepuk. Setiap hari pakan ini harus diganti dan diberikan minyak ikan yang baru. Untuk itu, takaran biji-bijian tidak boleh terlalu banyak, cukupkan pakan untuk sehari saja. Takaran minyak ikan setiap harinya tidak boleh lebih dari satu biji dan pemakaian baru dihentikan setelah nafsu makan burung sudah normal.

Ingat, pastikan nafsu makan burung yang rendah dimaksud di sini bukan karena faktor sakit namun murni karena fakrot alamiah. Untuk itu, Anda hanya disarankan memberikan minyak ikan ini pada burung-burung sehat.

Minyak ikan di pasaran banyak sekali jenisnya. Anda bisa memilih mulai dari yang harganya murah (100 rupiah perbiji) hingga yang ratusan ribu perkemasan. Dan masing-masing mempunyai kelebihan sendrii-sendiri, sesuai dengan harganya. Semakin mahal harga minyak ikan maka akan semakin bagus yang tentunya akan semakin lengkap vitaminnya.

Untuk minyak ikan yang mahal, tentu saja Anda tidak hanya akan mendapatkan keuntungan nafsu makan burung yang menjadi naik namun juga akan mendapatkan keuntungan lainnya, sesuai dengan kandungan pada masing-masing jenisnya.

Minyak Ikan Solusi Terbaik Tingkatkan Nafsu Makan Burung Berkicau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

1 komentar:

kicau senja said...

Minyak ikan salmon untuk burung berkicau. Praktis, higienis dan mudah digunakan.

Klik link dibawah ini untuk detailnya
Minyak ikan salmon untuk burung berkicau

Post a Comment