Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, May 27, 2016

Om Youdi Sukses Menangkar Murai Batu Medan di Tengah Hiruk-pikuk Persaingan Cendet di Pamekasan

om Youdi bersama anaknya

Sudah bukan rahasia lagi bahwa cendet di pulau garam adalah kelas yang paling ramai dan bahkan kelas paling neraka sebab dari sinilah cendet-cendet berkelas nasional lahir. Namun di tengah sengitnya persaingan cendet di Madura, khususnya di kota Pamekasan, ternyata ada seorang kicaumania bernama Om Subhan Wahyudi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Om Youdi yang sama sekali tidak tergiur hatinya untuk ikut bermain cendet sebagaimana teman-temannya. Dia malah menekuni bermain Murai Batu dan mencoba menangkarkannya sekalipun kadang kala tidak ada kelas Murai di Pamekasan.

Awalnya, Om Youdi menangkar atau beternak Love Bird ketika burung paruh bengkok ini booming. Pada tahun 2010, Om Youdi mencoba membeli sepasang anakan MB lalu dipelihara hingga lepas trotol. Kemudian, setelah dewasa, betinanya dijodohkan dengan Murai Batu jantan bekas lapangan dan ternyata berhasil. Nah, pada waktu itulah semua Love Bird Om Youdi langsung dijual untuk membangun dua buah kamar untuk beternak Murai Batu ini.


Namun begitu, dalam usaha berternak Murai Batu ini, Om Youdi tidak langsung berjalan mulus. Kendala demi kendala sering dia hadapi seperti telur yang tidak netas alias tidak terbuahi. Sebelum menjodohkan Murai yang lepas trotol tersebut, Om Youdi sduah pernah menjodohkan dan menyilangkan Murai Batu nias betina dengan muda hutan asli Padang.

Kedua Murai Batu ini langsung berjodoh dan tidak mendapatkan kendala apapun. Namun, proses selanjutnya ternyata tidak berjalan mulus sebab burung hanya kawin dan bertelur namun tidak pernah menetas. Akhirnya Murai Batu tersebut langsung dijual oleh Om Youdi. Untuk itu, dia langsung memanfaatkan Murai batu yang lepas trotol tersebut dan mencoba memasukkannya ke kandang penangkaran.


tempat penangkaran Murai Batu om Youdi
 
“Sebelum memasukkan yang lepas trotol, saya pernah menyilangkan nias betina dengan muda hutan asli Padang,  tetapi gagal, cuma nelor aja, ga netas” jelasnya Om Yuodi ketika dihubungi melalui telepon. “Akhirnya tak jual, langsung yang lepas trotol dimasukkan ke kandang.” tutupnya.

Proses penjodohan kali ini pun terbilang sukses sebab kedua burung Murai Batu langsung berjodoh namun tidak langsung berproduksi. Hal ini mungkin disebabkan karena Murai Batu betina masih terlalu muda dan karenanya Om Youdi harus ekstra sabar dalam menyikapi masalah ini. Berbagai kendala juga sering muncul, namu karena dia sudah lebih berpengalaman, semua kendala bisa diatasi dengan sangat baik. 

 
Butuh waktu lama memang untuk sukses berternak Murai Batu, termasuk Om Youdi. Untuk panen pertama, Om Youdi harus bersabar dan menunggu hingga 6 bulan. Selama kurun waktu 6 bulan ini, Om Youdi sambil belajar beternak Murai Batu di internet dengan cara googling. Sebab pada waktu itu, peternak Murai Batu memang tidak sebanyak saat ini sehingga minim informasi. Dan untuk mengatasi keterbatasan ini, Om Youdi belajar dari Google.

sertifikat penangkaran Murai Batu Om Youdi dari MBI

Setelah itu, penangkaran Om Youdi mengalami perkembangan yang signifikan karena Murai Batunya selalu sukses berproduksi. Bahkan hingga kini, sudah ada 6 kamar breeding untuk Murai Batu di rumahnya. Namun kesuksesannya dalam beternah Murai batu ini tidak lantas membuatnya besar kepala apalagi pelit ilmu karena dalam mendapatkan ilmu breeding dia sangat susah. Sebaliknya, dia malah berusaha mengayomi dan memberikan bimbingan pada para pemula yang ingin mendapatkan kesuksesan seperti dirinya dalam beternak Murai Batu.

Untuk itu, dia selalu menularkan ilmunya pada teman-temannya. Tidak hanya untuk teman-teman yang ada di daerah Pamekasan saja, Om Youdi juga sering memberikan bimbingan pada teman-temannya di Facebook. Sebab dia terhitung lumayan aktif di media social Facebook, khususnya di berbagai group khusus burung Murai Batu.

“Saya selalu bersedia memberikan arahan pada teman-teman yang juga ingin sukses beternak Murai Batu, baik teman-teman di Pamekasan sendiri maupun di Facebook. Dan saat ini sudah banyak yang berhasil juga setelah sering sharing dengan saya. Ya, semoga yang lain juga sukses”, tutupnya.

Om Youdi Sukses Menangkar Murai Batu Medan di Tengah Hiruk-pikuk Persaingan Cendet di Pamekasan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment