Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, May 31, 2016

Penyebab dan Solusi Mengatasi Kacer yang Hanya Ngeplay Sebentar Di Lapangan


Tipsburung.com - Sudah barang tentu semua kacer mempunyai gaya tarung yang khas yang disebut dengan istilah ngobra atau ngeplay. Gaya ini dibawakan dengan sempurna oleh kacer sehingga kacer termasuk ke dalam salah satu burung yang mempunyai gaya tarung yang indah. Bahkan gaya ngeplay yang sempurna ini tidak dimiliki oleh burung apapun kecuali burung berwarna hitam dan putih ini.

Saat diadu di lapangan, tidak semua burung kacer bisa full ngeplay. Dalam beberapa kasus, burung kacer hanya ngeplay sebentar di awal lomba, selebihnya tidak. Atau bahkan mungkin kacer tetap ngeplay namun lebih sering tidak alias ngeplay hanya sesekali saja. Kondisi burung kacer yang demikian ini selain bisa mengurangi penilaian juri, juga terlihat kurang menarik.

Burung kacer yang tidak bisa full ngeplay seperti digambarkan di atas, biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Namun yang jelas, perilaku seperti ini biasanya sangat berkaitan erat dengan kondisi fisik dan mental burung.

Kurang birahi
Ngeplay dan tidaknya seekor kacer sangat ditentukan oleh level birahi burung. Jika burung mempunyai level birahi yang pas, tentu saja seekor kacer akan bisa ngeplay sampai full, bahkan hingga penilaian selesai. Namun sebaliknya, jika birahi, kacer tidak mempunyai alasan untuk bisa ngeplay dengan durasi yang lama. Karenanya, tidaklah heran jika kacer kemudian hanya ngeplay di awal lomba atau hanya sesekali saja. Nah, untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya Anda memberikan setelan yang pas pada kacer Anda. Otak-atik terus setelan burung Anda sampai menemukan titik level birahi yang sempurna.

Kurang emosi
Setelan yang pas pada kacer tidak hanya akan menaikkan level birahi dan frekuensi bunyi namun juga emosi burung. Karenanya, jika burung kurang birahi, sudah pasti ia tidak akan mempunyai emosi yang baik sebab keduanya sangat berkaitan erat dan saling mempengaruhi satu sama lain. Untuk itu, segera cari solusi baik bagaimana cara mengatur birahi kacer Anda supaya selalu stabil.

Kurang stamina
Burung kacer yang di lapangan hanya ngeplay sebentar juga berkaitan erat dengan kondisi staminanya. Burung dengan stamina yang bagus biasanya akan siap tampil dengan baik karena ia memiliki kondisi yang bagus. Sebaliknya, burung dalam kondisi kurang siap lapangan yang salah satunya disebabkan tidak memiliki stamina yang bagus, biasanya penampilannya kurang maksimal. Inilah yang kemudian menyebabkan burung kacer kurang bagus penampilannya di lapangan.

Untuk menjaga kacer supaya memiliki dan selalu dalam kondisi stamina yang baik sangat ditentukan oleh rawatan harian. Sebab, semuanya sangat bergantung pada bagaimana cara Anda memberlakukan kacer Anda. Kacer yang mendapatkan rawatan yang baik, niscaya staminanya selalu terjaga. Namun selain itu, pakan berkualitas juga memberikan kontribusi yang sangat penting untuk selalu menjaga kondisi kacer Anda.

Nafas kurang panjang
Burung kacer yang kehabisan napas karena nafas yang pendek juga bisa menjadi salah satu alasan penting mengapa seekor kacer tidak bisa ngeplay dengan full. Nafas yang pendek ini bisa disebabkan karena burung yang kurang jemur atau tidak pernah/jarang dipolier (diumbar atau ditengger). Untuk itu, Anda bisa mencoba sesekali mengumbar sebab ini bisa melatih napas burung. Selain itu, tambahlah durasi jemur kacer setiap harinya.

Demikian keempat penyebab burung kacer yang hanya ngeplay sesekali atau sebentar ketika diadu atau dilombakan. Dengan beberapa metode di atas, diharapkan kacer Anda bisa kembali ngeplay full di lapangan sehingga bisa mendapatkan nilai maksimal dari juri.

Penyebab dan Solusi Mengatasi Kacer yang Hanya Ngeplay Sebentar Di Lapangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment