Blog Burung | Tutorial Burung

Saturday, May 7, 2016

Penyebab dan Solusi Cucak Ijo tidak Merespon Saat Melihat Musuh

Tipsburung.com - Apakah Anda mempunyai Cucak Ijo yang ketika digantang atau ditrek hanya diam saja? Burung tidak memberikan respon apapun dan hanya tolak toleh ke kanan dan kekiri tanpa alasan yang jelas. Padahal saat di rumah burung begitu sangat gacor dan sepertinya sudah siap untuk turun ke lapangan.

Kondisi ini dialami oleh hampir semua burung Cucak Ijo sebab burung ini memang mempunyai karakter semi fighter yang tentunya tarung dan tidaknya sangat ditentukan oleh faktor setelan ekstra foding. Meskipun di rumah burung menjadi sangat gacor namun jika Anda tidak bisa menyiapkannya dengan baik maka burung akan gembos sekalipun mempunyai mental bagus.

Untuk itu dapat ditegaskan bahwa penyabab Cucak Ijo tidak memberikan respon pada burung lain saat diadu ialah karena beberapa hal berikut.

Stelan terlalu rendah
Dalam hal ini, Cucak Ijo tidak mempunyai tingkat birahi yang ideal sehingga tidak mampu mengeluarkan fighternya dalam upaya mempertahankan daerah teritorial. Burung cenderung diam dan cuek saja terhadap lingkungannya, utamanya terhadap burung sejenis yang ada didekatnya.

Untuk mengatasi masalah ini, cobalah memberikan stelan dan menu EF yang banyak untuk burung saat latberan atau digandeng. Jangan khawatir burung kekencengan atau terlelu birahi sebab ini masih tahap pencarian stelan. Jika Anda rutin mengotak-atik setelan Cucak Ijo ini, kemungkinan berhasil Anda sangat tinggi.

Perlakuan yang kurang baik
Cucak Ijo diam saja di gantangan juga dipengaruhi oleh cara Anda dalam memperlakukan burung, baik ketika masa persiapan lomba maupun ketika berada di lapangan. Semua ini sangat mempengaruhi kondisi burung Cucak Ijo ketika tampil di arena lomba. Karenanya, siapkan burung Cucak Ijo, minimal 3 hari sebelum hari H. Selain, setelah sampai di lapanga, tidak ada salahnya Anda mengecasnya terlebih dahulu untuk memancing fighternya.

Mengecas Cucak Ijo bisa dilakukan dengan peserta lain sebelum sesi Cucak Ijo dimulai. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa membawa burung cas sendiri dari rumah. Namun biasanya, para pemain Cucak Ijo mau untuk berkumpul terlebih dahulu sebelum Cucak Ijonya digantang untuk mengecas Cucak Ijonya.

Datang ke lapangan lebih awal
Saat Anda hendak menurunkan Cucak Ijo Anda, sebaiknya Anda harus datang lebih awal. Hal ini bertujuan supaya Cucak Ijo bisa mengenal dan beradaptasi dengan lingkungan lebih lama. Ini kemudian memberikan motivasi tersendiri pada burung untuk bisa tampil lebih percaya diri sehingga mau memberikan perlawanan pada burung-burung yang ada di sekitarnya.

Lakukan latihan dengan rutin
Untuk melatih Cucak Ijo, Anda tidak pelu ikut latberan terus-menerus. Latihan dengan beberapa burung punya teman di rumah juga penting dilakukan untuk mengajari dan melatih burung Cucak Ijo supaya bisa tampil dengan baik saat di lapangan. Karenanya, treklah sesekali Cucak Ijo Anda bersama teman-teman Anda. Ini bisa mengasah dan memunculkan bakat alami yang terpendam dalam diri Cucak Ijo Anda.

Demikian penyebab dan solusi Cucak Ijo yang tidak mau merespon burung sejenis ketika digantang. Dengan memahami penyebabnya, diharapkan Anda bisa memberikan solusi yang baik agar Cucak Ijo Anda bisa segera main bagus di lapangan.

Penyebab dan Solusi Cucak Ijo tidak Merespon Saat Melihat Musuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment