Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, May 8, 2016

Perawatan Bakalan Burung Serindit Agar Cepat Gacor


Tipsburung.com - Ternyata, di Sumatra, burung Serindit tidak hanya dipelihara sebagai burung master. Burung pemakan buah ini, ternyata juga dipelihara sebagai burung lomba karena di sana ada kelas khusus untuk Serindit. Karenanya, di sana burung Serindit ini mempunyai nilai jual yang sangat mahal.

Harga bakalan burung Serindit ini bervariasi dan sangat terjangkau, antara 30.000-50.000 rupiah. Namun begitu, burung ini sekarang sudah sangat susah dijumpai di pasaran. Padahal suara burung ini sangat indah jika dimasukkan atau ditirukan oleh burung-burung lomba, khususnya Murai Batu dan Kacer.

Untuk membuat burung yang dominan dengan warna hijau ini, terutama jika masih berupa bakalan, gampang-gampang susah. Biasanya, buurng ini bisa langsung akrab dengan lingkungan manusia sehingga lebih cepat gacor. Namun begitu, kadang kala burung ini memerlukan perawatan khusus supaya bisa lebih rajin berbunyi.

Adapun cara perawatan Serindit bakalan yang dapat Anda lakukan ialah sebagai berikut.

Perawatan
— Masalah jemur
Perawatan harian burung ini sangat mudah karena tidak harus dijemur setiap hari. Hal ini disebabkan karena burung ini tidak membutuhkan sinar matahari untuk menjadi lebih gacor. Namun begitu, sewaktu-waktu burung ini harus dijemur meskipun hanya sebentar. Ini bertujuan selain untuk menjaga staminanya, juga untuk menjaga kesehatannya.


Sebagaimana Anda ketahui bahwa sinar matahari sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup, termasuk burung Serindit ini. Ini dikarenakan sinar matahari dapat merangsang tubuh burung untuk menghasilkan dan memproduksi vitamin D yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan burung. Dalam konteks ini perlu diketahui bahwa vitamin D ini sangat baik untuk tulang karena berfungsi meningkatkan penyerapan kalsium dan mentransfernya melintasi membaran sel. Hal inilah yang kemudian menyebabkan tulang menjadi sangat sehat karena sangat kuat. 


Sinar matahari juga mampu mematikan mikroorganisme yang mungkin menjangkiti burung dan sangkar berikut aksesorisnya. Karenanya, burung Serindit menjadi lebih sehat karena kesehatannya sangat terjamin.

— Masalah mandi
Untuk mandi, burung Serindit juga harus dimandikan namun harus disesuaikan dengan kebutuhannya. Kapan burung ini butuh mandi, Anda sebaiknya langsung memandikannya. Alih-alih menjadi lebih gacor, burung yang jarang dimandikan malah menjadi melempem. Karenanya, carialah setelan mandi burung Serindit Anda. Jika sudah ketemu, segera buat jadwal agar Anda selalu ingat dan tidak tertukar dengan jadwal mandi burung lainnya.

Menu pakan
Untuk menjadi gacor, burung Serindit ini harus diberikan asupan makanan yang enak. Adapun beberapa pakan yang harus Anda berikan ialah sebagai berikut.

— buah-buahan
Karena Serindit adalah burung pemakan buah, maka pisang kepok harus disediakan setiap hari sebagai makanan utamanya. Karenanya, berikan pisang setiap pagi sehabis dijemur. Sekalipun tidak habis, pisang harus diganti setiap hari karena dikhawatirkan kondisi pisang sisa kemaren sudah tidak layak untuk dimakan burung.

Selain pisang kepok, Anda bisa juga memberikan buah lainnya, yang penting rasanya manis. Sebut saja misalnya semangka, mangga, dan sebagainya. Rasa manis yang ada dalam buah ini memberikan energi yang cukup untuk burung dalam melakukan aktivitasnya sehingga menjadi lebih sehat.

— Milet putih
Sekalipun Serindit bukan burung pemakan biji-bijian, tidak ada salahnya Anda memberikan milet putih untuk menu hariannya. Jika belum mau atau belum terbiasa, sebaiknya latih dan ajari untuk makan milet ini karena pakan ini sangat penting dalam menggacorkan Serindit.
Adapun cara melatih Serindit makan milet putih ini ialah dengan cara menempelkan milet pada buah-buahan atau taruh buah ke dalam cepuk wadah milet. Hal ini dapat merangsang burung Serindit untuk makan milet lebih cepat. Selain itu, Anda bisa mendekatkan burung lain yang makan milet dengan Serindit supaya bisa merangsang Serindit ikut makan milet.

— Air gula
Selain air putih, Anda bisa memberikan wadah kecil untuk air gula sebagai minuman lain untuk burung Serindit. Cara membuatnya pun cukup mudah dan sederhana, ambil sedikit gula pasir lalu taruh ke dalam cepuk dan tuangkan air secukupnya. Aduk air hingga gula larut dan siap diberikan pada Serindit.
Air ini sebaiknya diganti setiap hari karena pada sore hari kondisi air sudah berubah menjadi basi. Namun begitu, air gula ini tidak harus diberikan setiap hari. Paling tidak, berikan dua kali seminggu dan dilakukan secara rutin.

serindit di habitatnya juga makan nektar
Air gula ini harus diberikan karena berfungsi sebagai pengganti nektar. Di habitat aslinya, burung ini selain makan buah, juga makan nektar yang terdapat pada bunga. Namun jika Anda bisa mendapatkan nektar yang saat ini sudah mulai dijual di toko atau kios burung, Anda tidak perlu membuat air gula ini. Cukup berikan nektar tersebut setiap hari pada burung.

— Sayuran segar
Sesekali Anda juga perlu memberikan sayuran pada burung Serindit untuk menjaga kondisi tubuh burung. Beberapa sayuran yang cocok diberikan ialah seperti toge, jagung muda, kankung, dan sebagainya. Sayuran ini sarat dengan vitamin sehingga bisa membantu menjaga kesehatan burung dari kemungkinan adanya serangan mikroorganisme, virus, misalnya.

Perawatan Bakalan Burung Serindit Agar Cepat Gacor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment