Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, May 11, 2016

Perawatan Kenari Selama Mabung Agar Bulunya Bagus dan Mengkilap


Tipsburung.com - Secara umum, perawatan Kenari yang mengalami molting atau mabung sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perawatan burung lain. Dalam hal ini, burung dirawat dengan baik namun harus mendapatkan perhatian yang lebih, terutama dalam masalah asupan. Sebab, burung Kenari mabung membutuhkan nutrisi dua kali lipat lebih banyak daripada Kenari yang tidak mabung.

Kenari yang mabung mengalami peremajaan, baik dari segi psikis maupun biologis dan fisik. Terutama masalah pisik, Kenari membutuhkan banyak asupan dengan kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Hal ini sangat diperlukan guna memenuhi kebutuhan tubuh supaya berkembang dengan sempurna. Tanpa asupan bernutrisi tinggi, perkembangan fisik burung tidak akan sesempurna sebagaimana Anda harapkan.

Bulu burung Kenari adalah hal yang paling pertama dinilai oleh orang lain yang melihat Kenari Anda. Kenari dengan bulu yang kurang bagus, bisa mengurangi minat dan menurunkan harga sehingga harga jualnya bisa menjadi lebih rendah. Untuk itu, Anda bisa melakukan perawatan yang baik selama Kenari mabung supaya burung mempunyai bulu yang bagus dan mengkilap setelah selesai mabung.

Berikan pakan biji-bijian yang berkualitas
Pemberian pakan yang berkualitas sebagai perawatan yang paling penting selama burung Kenari mengalami mabung. Sebab dari pakan itulah Kenari bisa mengambil nutiri penting untuk mendukung peremajaanya. Pakan berkualitas bukan hanya ditentukan oleh harga yang mahal seperti pakan-pakan kemasan impor namun pakan yang mengandung nutrisi yang lengkap. Karenanya, Anda jangan asal dalam memberikan pakan pada burung Kenari ini. Teliti dan baca kemasannya sebelum Anda membeli dan memberikannya pada burung Kenari Anda.

Berikan sayur yang cukup
Pemberian sayur juga sangat menentukan bagus dan tidaknya bulu Kenari setelah mabung. Karenanya, berikan sayuran setiap hari secara variatif, mulai dari sawi putih, sawi hijau, gambas, dan lain sebagainya. Pakan-pakan ini juga sangat penting untuk perkembangan burung Kenari secara keseluruhan agar setelah mabung, Kenari bisa menjadi lebih sehat dan bagus.

Jangan dijemur jika bulu masih basah
Bulu baru yang baru tumbuh tentu masih basah alias belum kering sebagaimana bulu burung normal, utamanya pada pangkalnya. Karenanya, penjemuran harus dipending terlebih dahulu sampai bulu lengkap dan kering. Setelah itu, burung Kenari baru bisa jemur namun secara bertahap. Pada hari pertama Anda bisa menjemurnya hanya sekitar 10-15 menit, dua hari berikutnya Anda menaikkan durasi jemur hingga penjemuran menjadi normal.

Berikan minyak ikan
Ini yang paling penting. Selama Kenari mabung, Anda sebaiknya memberikan minyak ikan karena minyak ini banyak mengandung vitamin yang sangat baik untuk bulu burung. Pemberiannya bisa dilakukan sebanyak dua kali seminggu, masing-masing sebanyak satu buah. Adapun caranya, Anda bisa mencampurnya dengan biji-bijian atau mengoleskannya pada sayuran. Setelah burung selesai mabung, pemberian minyak ikan ini bisa dihentikan namun sesekali Anda tetap tidak masalah jika ingin mencampurnya kembali dengan biji-bijian.

Minyak ikan ini tidak hanya bagus untuk burung Kenari, beberapa burung lain juga bisa diberikan seperti Murai Batu, Love Bird, Cucak Ijo atau Cucak Hijau, Pentet atau Cendet, dan lain sebagainya. Namun pastikan, saat Anda memberikannya burung sedang mabung sebab jika di luar masa itu, minyak ikan tidak bisa memberikan efek apapun pada bulu burung.


Perawatan Kenari Selama Mabung Agar Bulunya Bagus dan Mengkilap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment